Sukses

Momen Jokowi Naik Tank Marinir, Cek Kesiapan Pasukan di HUT ke-78 TNI

Presiden Jokowi memimpin upacara HUT ke-78 TNI di Lapangan Monas, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023). Dalam momen ini, Jokowi menaiki tank untuk mengecek kesiapan pasukan.

Berdasarkan pantauan di Monas, Jokowi terlihat mengenakan peci dan setelan jas hitam. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berdiri di atas tank BMP-3F Korps Marinir.

Saat mengecek pasukan itu, Jokowi didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Keduanya tampak mengecek kesiapan pasukan upacara.

Sejumlah tokoh dan pejabat juga tampak hadir di upacara HUT ke-78 TNI ini, yaitu Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wapres ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, hingga Wapres ke-11 Boediono.

Di lokasi juga terlihat beberapa prajurit berjaga di sekitar alat utama sistem persenjataan (alutsista). Rencananya, ada 130 alutsista yang akan dipamerkan saat defile atau parade hari ini.

Kemudian, kekuatan Pasukan Upacara Parade terdiri dari Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk dan Satsik.

Sedangkan kekuatan untuk Defile Pasukan dan Alutsista terdiri dari 1 Yon Drumband gabungan Taruna Akademi TNI, Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI, 1 Brigade TNI AD 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk, 1 Kompi Pasukan Teatical dan pok Pers Veteran (naik kendaraan).

Demo udara juga akan disajikan pada HUT TNI dengan melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut, dan udara. Demo udara itu di antaranya fly pass pesawat tempur, helikopter dan free fall sebanyak 78 personel.

Juga tari helikopter diiringi lagu Gemu Famire dan diikuti Wan TNI serta ibu-ibu sebanyak 300 personel, dan display drumband Taruna Akademi TNI sejumlah 250 personel dan ditutup dengan demonstrasi Kolone Senapan Kolosal sebanyak 678 personel.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Perintahkan TNI dan Polri Jaga Netralitas

Dalam kesempatan ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan prajurit TNI menjaga netralitas di tahun politik. Selain itu, Jokowi menekankan TNI harus terus menjaga sinergitas dengan Polri, khususnya pada Pemilu 2024.

"Tetap jaga sinergitas dengan Polri, dan tetap jaga netralitas TNI dan tetap pelihara watak kesatria," kata Jokowi dalam Peringatan HUT ke-78 TNI di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Enam+03:12VIDEO: Rombongan Pengantar Jenazah Keroyok Sopir Truk di Cilincing "Selalu jadikan Sapta Marga dan sumpah prajurit pegangan dalam bertindak," sambung Jokowi.

Dia meminta TNI untuk menjaga kondisi Indonesia tetap damai di tahun politik pemilihan umum (Pemilu) 2024. Jokowi meminta TNI memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa beda pilihan politik dan menang kalah dalam Pemilu adalah hal yang wajar.

"Kita telah memasuki tahun politik. Saya minta tetap jaga betul kondisi damai, segera padamkan percikan sekecil apapun. Berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa beda pilihan itu wajar, menang kalah itu juga wajar," ujar Jokowi.

3 dari 4 halaman

Rekayasa Lalu Lintas Sekitar Monas

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk mendukung pelaksanaan kegiatan defile pasukan dan alutsista dalam rangka HUT ke-78 TNI pada Kamis (5/10/2023).

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, kegiatan defile akan dimulai pukul 10.15 WIB sampai dengan pukul 11.15 WIB.

Adapun parade akan dilakukan dari Gerbang Tenggara Monas (start)-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan MH Thamrin-Bundaran Hotel Indonesia (putar balik)-Jalan MH Thamrin- Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara-Gerbang Barat Laut Monas (finish).

"Untuk menunjang kegiatan tersebut akan dilakukan rekayasa lalu lintas mulai pukul 10.15 sampai dengan 11.15 WIB atau bersifat situasional kecuali untuk bus Transjakarta tetap dapat melintas," kata Syafrin dalam rilis yang diterima.

Maka dari itu, lalu lintas dari Selatan (Semanggi) menuju Utara (Harmoni) dapat melalui Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Gatot Subroto-Jalan Letjend S Parman-Jalan Tomang Raya-Jalan Balikpapan-Jalan Suryopranoto-dan seterusnya.

Atau dapat melalui Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Gatot Subroto-Jalan K.S Tubun-Jalan Jatibaru Raya-Jalan Cideng Barat-Jalan Balikpapan-Jalan Suryapranoto-dan seterusnya.

Atau, dapat melalui Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Karet Pasar Baru Timur II-Jalan Karet Abdul Jalil-Jalan Karet Pasar Baru Timur 2-Jalan RM Margono Djojohadikoesoemo-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Cideng Barat-Jalan Balikpapan-Jalan Suryapranoto-dan seterusnya.  

4 dari 4 halaman

Lalu Lintas dari Harmoni ke Senayan

Sedangkan, lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Senayan) dapat melalui Jalan Ir Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Taman Pejambon-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Menteng Raya-Jalan Cut Mutia-Jalan GSSJ Ratulangi-Jalan HOS Cokrominoto-Jalan Imam Bonjol-Jalan Jenderal Sudirman-dan seterusnya.

Atau dapat melalui Jalan Ir Juanda-Jalan Suryopranoto-Jalan Cideng Barat-dan seterusnya.

Selanjutnya, lalu Lintas dari Timur (Tugu Tani) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat melalui Jalan Menteng Raya-Jalan Cut Mutia-Jalan GSSJ ratulangi-Jalan HOS Cokrominoto-Jalan Imam Bonjol-Jalan Jenderal Sudirman-dan seterusnya.

Terakhir, lalu lintas dari Barat (Tanah Abang) menuju ke Timur (Manggarai) dapat melalui Jalan K.H. Mas Mansyur-Jalan R.M Margono Djojohadikoesoemo-Jalan Galunggung-dan seterusnya.

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," ujar Syafrin.

"Kepada para pengguna Kereta Api jarak jauh yang akan menuju Stasiun Gambir agar dapat menyesuaikan waktu perjalanannya," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini