Sukses

Nadiem Usai Kebakaran Museum Nasional Indonesia: Penyelamatan Artefak Jadi Prioritas

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memastikan, penyelamatan artefak dan benda-benda bersejarah di Museum Nasional pascakebakaran menjadi prioritas utama.

Liputan6.com, Jakarta Museum Nasional Indonesia terbakar, Sabtu 16 September 2023 malam. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memastikan, penyelamatan artefak dan benda-benda bersejarah di Museum Nasional pascakebakaran menjadi prioritas utama.

"Prioritas utama kami sekarang adalah menyelamatkan sebanyak mungkin artefak-artefak atau benda-benda bersejarah di dalam ruangan-ruangan yang terdampak oleh kebakaran ini," kata Nadiem Makarim dalam konferensi pers di Museum Nasional, Jakarta, pada Minggu dini hari.

Langkah pertama, Kemendikbudristek akan melakukan pencatatan kerusakan benda-benda bersejarah di Museum Nasional. Oleh karena itu, pihaknya telah berkoordinasi untuk membuat tim gabungan antara tim museum dan pakar-pakar yang akan bekerja sama dengan aparat kepolisian serta aparat pemadam kebakaran.

"Juga bisa kita amankan bagi yang bisa diamankan," ucap Nadiem seperti dilansir Antara.

Dia juga menegaskan, satu hal penting yang menjadi prioritas utama adalah keamanan struktural dari gedung-gedung. Juga ruangan yang terbakar. "Jadi saat ini belum bisa masuk, kita ke dalam untuk melakukan inventarisasi dari barang-barang tersebut karena dari aparat pemadam kebakaran belum disebut aman, yang penting adalah keamanan nomor satu," jelas dia.

Dia menegaskan, kebakaran Museum Nasional ini menjadi hal yang sangat menyedihkan bagi Kemendikbudristek, Museum Nasional, dan tentunya bagi masyarakat. Sebab, untuk sementara sampai waktu yang belum ditentukan, Museum Nasional ditutup.

"Tentunya tadi kami juga berbicara dengan aparat kepolisian untuk bisa segera melakukan investigasi mengenai apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut," ujar Nadiem.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korsleting

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jakarta Pusat Kombes Komarudin menyatakan petugas Suku Dinas Penaggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat berhasil memadamkan kebakaran yang terjadi di Museum Nasional, Jakarta, pada Sabtu malam.

"Kebakaran terjadi di empat ruangan di Gedung A Museum Nasional dan pada pukul 22.00 WIB api sudah dinyatakan padam," kata Komaruddin ditemui di Museum Nasional.

Dia menambahkan petugas mulai melakukan pendinginan sejak pukul 22.15 WIB.

Kepala Sudin Gulkarmat Asril Rizal menyampaikan kebakaran diduga berasal dari korsleting arus listrik yang terjadi di bedeng proyek renovasi museum tersebut.

"Korsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C," kata Asril saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (16/9).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini