Sukses

Infografis Wacana Poros Baru PPP, Demokrat dan PKS di Pilpres 2024

Muncul wacana poros baru PPP, Demokrat, dan PKS di Pilpres 2024. Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akan diusung menjadi capres-cawapres. Lantas, bagaimana peluangnya?

Liputan6.com, Jakarta - Wacana poros baru Pilpres 2024 kembali mewarnai dinamika politik di Tanah Air, dalam 2 pekan terakhir. Ada 3 partai politik yang diwacanakan membentuk koalisi, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Bila koalisi Pilpres 2024 itu terwujud, mereka akan mengusung Sandiaga Salahuddin Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Keduanya akan dipasangkan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden atau capres-cawapres.

Kendati demikian, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengungkapkan peluang poros baru mengusung Sandiaga Uno dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono semakin menipis. Sebab, faktor PKS yang tetap mendukung Anies Baswedan.

"Isu poros baru sampai sejauh ini saya melihatnya makin menipis. Awalnya agak santer biasa ya. Kemudian sekarang sudah mulai menipis. Namanya politik segala kemungkinan bisa saja terjadi tetapi kemungkinannya kok kami melihat kecil dengan adanya poros keempat itu," ujar politikus PPP yang akrab disapa Awiek di Jakarta, Jumat 8 September 2023.

Awiek menjelaskan, belum tentu PKS mau semudah itu mendukung poros Sandi-AHY. PPP juga belum melakukan komunikasi yang resmi dengan PKS. "Apa iya PKS tidak mengusulkan kadernya? di PKS kan banyak kadernya yang hebat-hebat. Apa iya diserahkan begitu saja?"

Pun demikian Sandiaga Uno. Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) PPP itu tak menjawab lugas saat ditanya soal kelanjutan wacana PPP membentuk poros koalisi baru dengan Partai Demokrat.

"Kita istikamah dalam menjalankan politik amar makruf nahi mungkar, yaitu kita niatkan sebagai ibadah. Kita berkomitmen dengan kerja sama politik yang sudah kita tanda tangani dengan PDI Perjuangan," kata Sandiaga Uno di Jakarta, Minggu 10 September 2023.

Meski kecil peluangnya, bagaimana ragam tanggapan wacana poros baru PPP, Demokrat, dan PKS di Pilpres 2024? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Wacana Poros Baru PPP, Demokrat dan PKS di Pilpres 2024

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Wacana Poros Baru PPP, Demokrat dan PKS di Pilpres 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.