Sukses

Profil Bey Machmudin, Pejabat Istana yang Ditunjuk Jokowi Jadi Pj Gubernur Jabar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat. Bey akan menggantikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang masa jabatannya habis pada 5 September 2023.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat. Bey akan menggantikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang masa jabatannya habis pada 5 September 2023.

Bey sendiri terpilih melalui sidang Tim Penilai Akhir (TPA) untuk Gubernur di sepuluh daerah yang akan habis masa jabatannya pada September ini. Sidang TPA ini dipimpin langsung oleh Jokowi pada Kamis, 31 Agustus 2023.

"BPK BEY MACHMUDIN, adalah pengganti saya sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, mulai hari Selasa depan tanggal 5 September 2023. Sesuai keputusan Bpk Presiden @jokowi. Di tanggal tersebut saya genap menuntaskan tugas jabatan selama 5 tahun," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun Instagramnya @ridwankamil, Jumat (1/9/2023).

"Pria kelahiran Bandung ini sebelumnya Deputi Protokol, Pers dan Media, Sekretariat Presiden," sambungnya.

Melansir dari situs resmi setneg.go.id Bey Machmudin atau mempunyai nama lengkap Bey Triadi Machmudin lahir pada 15 April 1970 di Cirebon. Pria berusia 53 tahun tersebut merupakan lulusan Sarjana Ekonomi di UNIKA Parahyangan dan Magister Teknik di Institut Teknologi Bandung.

Karier Bey di pemerintahan terbilang cukup moncer. Dia pernah menjabat sebagai Asisten Deputi Dokumentasi dan Diseminasi Informasi Sekretariat Wakil Presiden. Bey lalu dilantik menjadi Kepala Biro Pers Istana pada 2015.

Saat itu, Bey menggantikan Albiner Sitompul yang berasal dari militer. Bey menjadi Kepala Biro Pers Istana yang berasal dari sipil atau nonmiliter.

Pada Januari 2021, dia dilantik menjadi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden. Bey kerap mendampingi Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke sejumlah daerah di Indonesia maupun luar negeri.

Ridwan Kamil menyampaikan pesan terhadap penggantinya. Dia meminta Bey untuk tetap mencintai warga Jawa Batat dan menyempurnakan pembangunan yang masih kurang.

"Selamat Bertugas Kang Bey. Titip cintai warga Jawa Barat. Titip pertahankan yang baik-baik dari prestasi Jawa Barat. Titip sempurnakan yang kurang-kurang dari pembangunan Jawa Barat," jelasnya.

Kang Emil mengatakan dirinya siap membantu apabila dimintai pendapat terkait Jawa Barat. Dia mendoakan kesuksesan Bey Machmudin dalam memimpin Jawa Barat.

"Saya selalu siap 24 jam jika dibutuhkan untuk membantu apa pun terkait Jawa Barat. Doa kami semua untuk Kang Bey. Bismillah," pungkas Ridwan Kamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Tunjuk Sejumlah Pj Gubernur

Selain Bey yang ditunjuk sebagai Pj Gubernur Jabar, Jokowi juga dikabarkan sudah memutuskan nama-nama Pj Gubernur untuk provinsi lainnya. Di antaranya yakni Nana Sudjana ditunjuk menjadi Pj Gubernur Jawa Tengah, Hasanudin sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara, Sang Made Mahendra Jaya sebagai Pj Gubernur Bali, dan Ridwan Rumasukun sebagai Pj Gubernur Papua.

Kemudian, Ayodhia Kalake yang ditunjuk sebagai Pj Gubernur NTT, Lalu Gita Ariadi sebagai Pj Gubernur NTB, Harrison Azroi sebagai Pj Gubernur Kalimantan Barat, Andap Budhi sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, dan Bachtiar Baharuddin sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.