Sukses

Top 3 News: Reshuffle Kabinet, Simak Daftar Menteri dan Wamen yang Dilantik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan perombakan kabinet menteri atau reshuffle pada hari ini, Senin 17 Juli 2023. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan perombakan kabinet menteri atau reshuffle pada hari ini, Senin 17 Juli 2023. Itulah top 3 news hari ini.

Presiden Jokowi melantik menteri dan wakil menteri baru di Istana Negara Jakarta, pada pukul 09.00 WIB. Berdasarkan sumber Liputan6.com, satu menteri yang dilantik yakni Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Sedangkan untuk kursi Wakil Menteri, ada lima yang dilantik. Di antaranya yakni mantan wartawan Nazer Patria sebagai Wakil Menteri Kominfo atau Wamenkominfo.

Sementara itu, Presiden Jokowi menanggapi sindiran Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang menyebut gagasan revolusi mentalnya hingga kini belum maksimal. Jokowi mengatakan hal-hal yang belum maksimal akan dioptimalkan.

Seperti diketahui, sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyampaikan bahwa revolusi mental yang dicanangkan Joko Widodo ketika maju di Pilpres 2014 identik dengan misi perubahan yang kini dibawa oleh Bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan di Pemilu 2024.

Surya Paloh menyebut, itu juga alasan kenapa NasDem memberikan dukungan kepada Jokowi sebagai calon presiden ketika 2014.

Surya Paloh mengatakan, NasDem totalitas mendukung Jokowi karena memiliki konsep, gagasan, dan pemikiran yang sama tentang kemajuan bangsa dan negara.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Presiden Jokowi yang menugaskan tujuh orang sebagai juru kampanye dalam tim pemenangan Bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo.

Sejumlah nama tersebut hadir dalam Pelatihan Juru Kampanye yang digelar oleh empat partai pendukung yakni PDIP, Hanura, PPP dan Perindo di Inews Tower, Jakarta, Senin 17 Juli 2023.

Hal itu disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Namun, Hasto tidak membeberkan siapa saja tujuh orang jurkam tersebut. Hasto hanya memastikan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan Ketua Umum KADIN Arsjad Rasyid hadir dan menjadi pembicara.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 17 Juli 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Reshuffle Kabinet, Ini Daftar Menteri dan Wamen yang Akan Dilantik Hari Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan perombakan kabinet menteri atau reshuffle pada, Senin 17 Juli 2023. Dia dijadwalkan melantik menteri dan wakil menteri baru di Istana Negara Jakarta, pada pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan sumber Liputan6.com di lingkaran pemerintahan, Jokowi dikabarkan akan melantik satu menteri yakni Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Sedangkan untuk kursi Wakil Menteri, ada lima yang dikabarkan hari ini akan di dilantik. Di antaranya yakni mantan wartawan Nazer Patria sebagai Wamenkominfo.

Kemudian, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury akan dilantik menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu), Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS), Rosan Roeslani menjadi Wakil Menteri BUMN.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Surya Paloh Sindir soal Revolusi Mental, Jokowi Bereaksi

Presiden Joko Widodo menanggapi sindiran Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh yang menyebut gagasan revolusi mentalnya hingga kini belum maksimal. Jokowi mengatakan hal-hal yang belum maksimal akan dioptimalkan.

"Ya semuanya yang belum maksimal dimaksimalkan," jelas Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin 17 Juli 2023.

Sebelumnya, Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyampaikan bahwa revolusi mental yang dicanangkan Joko Widodo ketika maju di Pilpres 2014 identik dengan misi perubahan yang kini dibawa oleh Bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan di Pemilu 2024.

"Nah ini yang perlu saya ingatkan kepada saudara bahwasanya pikiran, gerakan perubahan, yang juga sejalan dengan apa yang pernah dikonstatir oleh Presiden Jokowi untuk melaksanakan revolusi mental adalah sebenarnya identik dengan misi gerakan perubahan kita, senafas, sebangun, sejalan," ujarnya dalam pidato politik Apel Siaga Perubahan NasDem di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 16 Juli 2023.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Jokowi Tugaskan Tim Tujuh Masuk Timses Ganjar, Siapa Saja?

Presiden Jokowi menugaskan tujuh orang sebagai juru kampanye dalam tim pemenangan Bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo.

Sejumlah nama tersebut hadir dalam Pelatihan Juru Kampanye yang digelar oleh empat partai pendukung yakni PDIP, Hanura, PPP dan Perindo di Inews Tower, Jakarta, Senin 17 Juli 2023.

"Ada tujuh orang yang ditugaskan oleh Presiden Jokowi, tim tujuh agar mencapai tujuan pemenangan Pak Ganjar Pranowo," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di sela acara.

Namun, Hasto tidak membeberkan siapa saja tujuh orang jurkam tersebut. Hasto hanya  memastikan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan Ketua Umum KADIN Arsjad Rasyid hadir dan menjadi pembicara.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.