Sukses

Imron Amin Dilantik Jadi Wakil Ketua MKD DPR, Gantikan Habiburokhman

MKD DPR melakukan rotasi kursi pimpinan. Wakil Ketua MKD DPR Habiburokhman digantikan oleh Imron Amin yang juga berasal dari Fraksi Partai Gerindra.

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR melakukan rotasi kursi pimpinan. Wakil Ketua MKD DPR Habiburokhman digantikan oleh Imron Amin yang juga berasal dari Fraksi Partai Gerindra.

Pelantikan dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di ruang MKD DPR. Turut hadir pada pelantikan Ketua MKD DPR Komjen (Purn) Adang Daradjatun (PKS), Imron Amin, serta Habiburokhman.

Dasco memimpin sidang dan menanyakan penunjukan Imron apakah bisa disetujui.

"Sesuai dengan surat Fraksi Partai Gerindra, dengan ini kami selaku pimpinan dewan, menetapkan saudara H Imron Amin SH MH dari Fraksi Partai Gerindra menjadi Wakil Ketua MKD menggantikan saudara Dr Habiburokhman SH MH, apakah dapat disetujui?" ujar Dasco, Senin (10/7/2023).

"Setuju," jawab anggota MKD.

Selanjutnya, Habiburokhman menyerahkan palu sidang ke Imron, dan mereka melakukan foto bersama di depan ruang MKD DPR.

Habiburokhman baru dilantik sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR. Dia menggantikan Desmond J Mahesa yang telah meninggal dunia beberapa waktu lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Habiburokhman Jadi Wakil Ketua Komisi III DPR Menggantikan Almarhum Desmond

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Sufmi Dasco Ahmad memimpin rapat penetapan Habiburokhman sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra.

Habiburokhman ditunjuk menggantikan Desmond Junaidi Mahesa, yang meninggal dunia pada Sabtu, 24 Juni 2023. Pelantikan digelar di Ruang Rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Selasa 4 Juli 2023.

"Terjadi perubahan susunan Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari unsur Fraksi Partai Gerindra, yaitu semula almarhum Desmond Junaidi Mahesa yang telah meninggalkan kita, digantikan dengan Habiburokhman," kata Dasco.

Dasco menyebutkan berdasarkan Pasal 58 Ayat (2), 13, 14, 16 Peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib, bahwa pimpinan komisi ditetapkan dengan Keputusan Pimpinan DPR.

"Saya menanyakan kepada forum, apakah pergantian Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari unsur Fraksi Gerindra, yang semula almarhum Desmond Junaidi Mahesa dapat disetujui untuk digantikan oleh Habiburokhman?" tanya Dasco.

"Setuju," jawab anggota Komisi III DPR RI.

Dengan demikian Habiburokhman resmi menjadi Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari unsur Fraksi Gerindra.

Adapun susunan Pimpinan Komisi III DPR RI yaitu Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul sebagai ketua (Fraksi PDIP). Sementara, Wakil Ketua Komisi III diisi oleh Adies Kadir (Fraksi Partai Golkar), Habiburokhman (Partai Gerindra), Ahmad Sahroni (Partai NasDem), dan Pangeran Khairul Saleh (Partai Amanat Nasional).

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi Partai Gerindra Desmond Junaidi Mahesa meninggal dunia di rumah sakit pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Desmond menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR dan menjadi wakil dari daerah pemilihan (dapil) Banten II dengan mengantongi 103.837 suara dan menjadi juara dapil pada pemilu legislatif 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini