Sukses

Anies Sudah Kantongi Nama Cawapres, NasDem: Demokrat dan PKS Sudah Tahu

Partai NasDem menghormati siapapun nama yang saat ini muncul di publik sebagai sosok yang potensial sebagai cawapres Anies. Diantaranya Yenny Wahid, Khofifah Indar Parawansa dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan untuk Perbaikan (KPP), Anies Baswedan sudah mengantongi satu nama untuk menjadi cawapresnya di Pilpres 2024. 

Ketua DPP Partai NasDem Charles Meikyansah meyakini, tiga partai yang tergabung dalam KPP yakni Partai NasDem, Demokrat, dan PKS sudah mengetahui siapa nama cawapres Anies. 

"Sudah tahu lah pasti, kan komunikasi," kata dia, kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip Selasa (4/7/2023). 

Saat ditanya siapa nama sosok cawapres itu, dia mengatakan, sosoknya tidak jauh yang berkembang di publik saat ini. Seperti tokoh Nahdlatul Ulama (NU), dan berasal dari Jakarta atau Jawa Timur. 

"Pokoknya nama-nama yang sekarang beredar itu, kan ada yang dari Jakarta, ada yang dari Jawa Timur, ada orang NU, pasti itu tidak jauh dari itu semua," ujarnya. 

Dia pun menegaskan, jika Partai NasDem menghormati siapapun nama yang saat ini muncul di publik sebagai sosok yang potensial sebagai cawapres Anies. Diantaranya Yenny Wahid, Khofifah Indar Parawansa dan Agus Harimurti Yudhoyono.

"Kita menghormati nama-nama yang beredar tadi baik Pak AHY, Bu Yenny, Bu Khofifah siapapun yang kemudian juga disebut oleh publik ya, sekali lagi oleh publik bukan oleh partai, partai hari ini menampung, semua nama-nama," ucapnya. 

"Dan nama-nama yang ditampung itu kemudian direnungkan oleh Pak Anies dengan beberapa tahapan yang sekarang ada dan sekarang sudah ada dikantongnya Pak Anies. namanya kapan disebut, hari apa, jam berapa ini semua tunggu tanggal mainnya," sambung Charles. 

Lebih lanjut, Charles mengaku, jika tiga partai yang tergabung di Koalisi Perubahan akan setuju dan mendukung siapapun sosok yang akan menjadi pendamping Anies di Pilpres 2024. 

"Maka pilihan apapun yang disampaikan Pak Anies, ketiga partai itu (NasDem, Demokrat, dan PKS) akan hormati dan setujui itu semua," imbuh dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deklarasi Cawapres di 16 Juli 2023 ?

Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang berisikan Partai NasDem, PKS, dan Demokrat berencana mendeklarasikan secara resmi bakal calon presiden yang akan diusung di Pemilu 2024, Anies Baswedan pada Minggu 16 Juli 2023.

"16 Juli yang akan datang itu deklarasi capres dari KPP," ujar Ketua DPP NasDem Charles Meikyansah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/7/2023).

Dia menuturkan, meski acara ini digagas oleh NasDem, PKS dan Demokrat akan hadir untuk menunjukan komitmennya terhadap Anies Baswedan.

“Jadi sekaligus menasbihkan lagi bahwa NasDem dengan Pak Anies, Pak Anies dengan NasDem ini sangat punya concern kuat untuk pemenangan 2024 nanti yang akan datang," jelas Charles.

Anies Baswedan secara khusus akan menyampaikan pidato politiknya. dia menduga, mantan gubernur DKI Jakarta ini bakal memberikan kisi-kisi tokoh yang akan menjadi calon wakil presiden yang mendampinginya.

Misalnya, gender tokoh tersebut, asal usul dari Jawa atau luar Jawa, atau sampai profesinya.

"Nah ini suatu efek kejut yang pasti akan disampaikan oleh Pak Anies," kata Charles.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.