Sukses

Sambut KTT ASEAN, Perbaikan Jalan Protokol Jakarta Ditargetkan Rampung Agustus 2023

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan perbaikan jalan protokol untuk menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 bisa rampung pada Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan perbaikan jalan protokol untuk menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 bisa rampung pada Agustus 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo mengatakan proses perbaikan jalan protokol Ibu Kota saat ini tengah dikebut, terutama jalan protokol di sekitar kawasan Medan Merdeka, MT Haryono, hingga Sudirman-Thamrin.

"Kita saat ini sedang memperbaiki jalan-jalan protokol, terutama menghadapi KTT ASEAN. Jadi beberapa ruas sudah dipetakan, jadi mulai dari Thamrin, Sudirman, Medan Merdeka, MT Haryono, itu sedang kita kerjakan," kata Heru kepada di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (3/7/2023).

Menurut Heru, jalan protokol yang berada di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan menjadi ruas jalan paling banyak yang diperbaiki. Disusul Jakarta Timur karena jadi jalur yang bakal dilewati para delegasi negara KTT ASEAN.

Heru Suwondo menyampaikan sejauh ini sudah 40 hingga 50 persen jalan protokol selesai diperbaiki. Dia beharap perbaikan jalan akan rampung secara keseluruhan pada Agustus 2023.

"Ya mungkin ada 40 sampai 50 (persen) jalan yang kita perbaiki. Jadi kita harapkan di Agustus sudah selesai semua," ucap Heru.

Diketahui, Jakarta bakal jadi tuan rumah penyelenggaraan KTT ASEAN pada September 2023. Rencananya, KTT ASEAN akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Perbaikan sejumlah ruas jalan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kenyamanan dan kelancaran perjalanan para delegasi negara anggota dan mitra ASEAN saat berada di Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

14 Jalan Protokol di Jakarta Diperbaiki Jelang KTT ASEAN

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan terdapat 14 jalan protokol di Jakarta yang diperbaiki jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.

Heru menyebut, belasan ruas jalan yang akan diperbaiki itu merupakan jalan nasional yang perawatannya telah diserahkan pemerintah pusat kepada Pemprov DKI Jakarta sejak 2012 silam.

Tidak semua ruas jalan yang rusak di Ibu Kota akan diperbaiki jelang KTT ASEAN. Pemprov DKI Jakarta akan fokus memperbaiki 14 ruas jalan protokol yang rusak.

"Enggak semua. Jadi kan ada 14 ruas jalan nasional, 2012 itu sudah diserahkan kepada Pemda DKI. Ya harus kita rawat. Terutama ya KTT ASEAN," kata Heru di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 9 Mei 2023.

Menurut Heru, sampai saat ini beberapa ruas jalan protokol dari total 14 ruas jalan itu telah diperbaiki jelang KTT ASEAN, salah satunya ruas jalan di kawasan Ratu Plaza, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Cawang kan sudah. Terus kemarin saya lihat tadi pagi di mana ya, di Pesing. Nanti saya ke ujung-ujung Jakarta saya lihat," kata dia.

Heru sempat meninjau langsung perbaikan sejumlah ruas jalan menjelang KTT ASEAN 2023 di Jakarta pada September tahun ini. Salah satu yang dikebut ialah ruas jalan di depan Ratu Plaza, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 6 Mei 2023 pukul 22.30 WIB.

"Pada tahap pertama, kami kerjakan dari Ratu Plaza sampai ke lampu merah Bank Indonesia," ujar Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu, 7 Mei 2023.

Kemudian, Heru menuturkan dia juga akan melanjutkan peninjauan pada minggu depan ke sejumlah ruas jalan yang lain untuk melangsungkan perbaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.