Sukses

Libur Idul Adha, Polisi Siapkan Sistem Satu Arah Antisipasi Kepadatan Kendaraan

kepadataan kendaraan diprediksi terjadi sekitar sore hari atau Jumat (30/6/2023) besok pagi. Maka dari itu untuk mengantisipasi kepadatan telah disiapkan berbagai skema rekayasa lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta - Polres Bogor belum memberlakukan one way atau sistem satu arah di jalur kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Hal itu, karena belum ada kepadataan kendaraan saat Hari Raya Libur Idul Adha 2023, Kamis (29/6/2023) siang ini.

"Untuk sekarang masih normal dua arah. karena arus ke atas memang belum begitu meningkat," kata BKO Lantas Polres Bogor Ipda Ardian saat dihubungi.

Sebab, belum ada kepadatan arus lalu lintas kendaraan oleh para wisatawan. Karena masih dalam prosesi ibadah Idul Adha, melaksanakan pemotongan hewan kurban oleh warga setempat.

"Terus setelah kemungkinan itu, baru siang ini akan ada peningkatan (arus lalu lintas) menuju Puncak bogor," katanya.

Sehingga, kepadataan kendaraan diprediksi terjadi sekitar sore hari atau Jumat (30/6/2023) besok pagi. Maka dari itu untuk mengantisipasi kepadatan telah disiapkan berbagai skema rekayasa lalu lintas.

"Sudah di siang hari itu ya kita antisipasinya nanti persiapan langkah-langkah one way sepenggal, atau secara keseluruhan. Untuk siang ini masih rencana ke bawah," kata dia.

"Iya betul (arus lalulintas saat ini), dipadati masyarakat yang mobilitasnya untuk menyalurkan hasil penyembelihan hewan kurban," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Sekedar informasi selama Libur Idul Adha 2023, Polres Bogor telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Salah satunya rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap yang berlaku sejak Selasa 27 Juni 2023.

Namun apabila terjadi kepadatan kendaraan di kawasan Puncak, akan diterapkan rekayasa lalu lintas lainnya, yakni one way atau buka tutup.

"Mulai hari Selasa sore dan malam hari dan mulai hari Rabu pagi sore malam kita laksanakan dengan situasional arus lalu lintas. Apabila cukup padat nanti ada rekayasa seperti one way atau buka tutup sepenggal. Nanti kami sesuaikan melihat situasi arus masuk atau pun turun dari Puncak," kata KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto dilansir dari situs ntmcpolri.info, Selasa (27/6/2023).

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.