Sukses

Infografis Menanti Menkominfo Pengganti Johnny G. Plate Pilihan Jokowi

Menkominfo definitif pengganti Johnny G. Plate tak lama lagi bakal diumumkan ke publik. Hanya saja, Jokowi masih menunggu hari tepat melantik menkominfo pengganti Johnny G. Plate.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika atau menkominfo definitif pengganti Johnny G. Plate tak lama lagi bakal diumumkan ke publik. Namun, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku masih menunggu hari tepat untuk melantik sosok menkominfo pengganti Johnny G. Plate yang tersandung kasus dugaan korupsi.

"Udah (namanya), tapi nunggu. Nunggu hari," ujar Presiden Jokowi di Jakarta, Senin 26 Juni 2023.

Siapa nama calon menkominfo? Namun, Jokowi tidak mau menyebut. "Belum, belum. Nanti kalau sudah waktunya akan segera diselesaikan."

Adapun Wakil Presiden atau Wapres Ma'ruf Amin enggan membocorkan siapa nama calon menkominfo yang ada di kantong Presiden Jokowi.

"Masalah reshuffle (reshuffle kabinet), saya kira yang tahu hanya Presiden (Presiden Jokowi), karena itu hak prerogatif Presiden. Jadi, kita tunggu saja," ucap Ma'ruf Amin di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa 27 Juni 2023.

Wapres Ma'ruf Amin pun menyatakan tidak berhak menyebutkan kepada publik, sebab itu hak prerogatif Presiden Jokowi. "Nanti, tidak baik (saya bocorkan). Itu mesti Presiden. Nanti tidak seru kalau saya bocorkan. Nanti waktu Presiden mengumumkan, misalnya, tidak menarik lagi. Tunggu saja pengumuman Presiden."

Sebelumnya pada 20 Mei 2023, Presiden Jokowi resmi mencopot Johnny G. Plate dari jabatan Menkominfo setelah jadi tersangka dan ditahan dalam kasus korupsi proyek BTS 4G BAKTI Kominfo senilai Rp 8,32 triliun. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud Md kemudian ditunjuk menjadi Pelaksana tugas Menkominfo.

Sejauh ini di sejumlah media massa dan media sosial, paling tidak muncul 4 nama yang digadang-gadang sebagai calon menkominfo. Siapa saja mereka? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Menanti Menkominfo Pengganti Johnny G. Plate Pilihan Jokowi

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Nama Masuk Bursa Calon Menkominfo Pengganti Johnny G. Plate

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.