Sukses

Nasdem Minta Caleg Indramayu Buktikan Telah Dimintai Mahar Rp 3,5 Miliar Agar Dapat Nomor Urut 1

Rajiv pun meminta Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Indramayu Husen Ibrahim membuktikan tuduhan DPW Partai NasDem meminta mahar dalam penentuan nomor urut caleg, dalam waktu 1x24 jam.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem Jawa Barat, Rajiv membantah telah meminta mahar Rp 3,5 miliar kepada salah seorang caleg dari Indramayu Husen Ibrahim agar mendapatkan nomor urut 1. 

"NasDem dengan tegas membantah adanya politik mahar dan jual beli nomor urut di Jawa Barat termasuk di Indramayu," tegas Rajiv dalam keterangan tertulisnya, Senin, (12/6/2023).

Rajiv pun meminta Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Indramayu Husen Ibrahim membuktikan tuduhan DPW Partai NasDem meminta mahar dalam penentuan nomor urut caleg, dalam waktu 1x24 jam.

"Kita berikan waktu 1x24 jam. Jika Husen Ibrahim tidak dapat membuktikannya, maka akan dilaporkan secara hukum atas tuduhannya," ungkap Rajiv.

Rajiv menganggap, tudingan dari Husein telah mencemarkan nama baik Partai NasDem dan juga pengurus DPW Partai NasDem.

Namun, jika tudingan itu benar dan disertai dengan bukti-bukti yang kuat dan valid, maka DPP Partai NasDem akan memberikan sanksi yang tegas terhadap pihak yang meminta mahar politik.

"Kalau memang terjadi hal tersebut, NasDem tentu akan memecat dan memproses kader yang melakukannya," tegas Rajiv.

Menurut Rajiv, gerakan politik tanpa mahar sudah dilakukan DPP Partai NasDem sejak lama. Sehingga tak mungkin ada pengurus yang berani bermain-main dalam praktik itu.

Curhat Caleg Nasdem Dimintai Mahar Rp 3,5 Miliar

Calon Anggota Legislatif dari Partai Nasdem mengaku dimintai mahar Rp 3,5 miliar agar mendapat nomor urut 2. Padahal ia dijanjikan nomor urut 1 di dapil Jawa Barat 8.

"Kami menagih janji Ketua DPW bahwa Jabar 8 untuk pencalegan DPR RI kami dijanjikan nomor urut 1 namun sampai sekarang ini tidak menjadi kenyataan malah bocoran A1 yang kami terima kami dijanjikan nomor urut 3," ungkap Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Indramayu Husen Ibrahim dilihat dari video instagram @jayalah.negriku, Senin (12/6/2023).

Namun, ketika Husen mempertanyakan soal nomor urut tersebut, kemudian DPW Partai Nasdem melakukan rapat dan diputuskan boleh dipindahkan ke nomor urut 2 dengan catatan menyetor mahar sebanyak Rp 3,5 miliar.

"Harus disiapkan kompensasinya," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengundurkan Diri Ramai-Ramai

Karena kecewa dengan adanya politik uang tersebut, Husein bersama DPD NasDem Indramayu mengundurkan diri dari partainya.

"Satu membuat kekecewaan tidak sesuai dengan marwah partai tidak sesuai apa yang disampaikan ketua umum bahwa NasDem tanpa mahar," ujarnya.

"Kalau saya mengklaim atas nama ketua DPD saya mengklaim kurang lebih 120 ribu anggota NasDem sangat kecewa," tegas Husein.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini