Sukses

Sekjen: Akan Ada Kejutan di Perintah Harian Megawati Saat Penutupan Rakernas III PDIP, Bahas Capres Ganjar Pranowo

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam rakernas hari ini, bakal ada kejutan yang disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Jakarta - Penutupan Rapat Kerja Nasional III PDI Perjuangan atau Rakernas III PDIP akan digelar pada Kamis (8/6/2013).

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam rakernas hari ini, bakal ada kejutan yang disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Dia menyebut, Megawati bakal memberikan perintah harian kepada seluruh kader PDIP untuk melaksanakan kerja-kerja politik demi memenangkan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

"Ibu Megawati Soekarnoputri akan memberikan perintah harian sehingga seluruh elemen partai ini dapat bergerak," kata Hasto dalam konferensi pers di sela-sela Rakernas, Kamis (8/6/2023).

Dia menyampaikan, seluruh elemen partai diwajibkan bahu-membahu mendukung strategi komunikasi dan narasi politik dari Ganjar untuk menangkan Pilpres.

Menurut Hasto, tiga pilar partai yakni eksekutif, struktural partai, dan legislatif harus bergerak bersama-sama mematuhi perintah Megawati demi menyebarluaskan visi misi Ganjar kepada masyarakat luas.

"Mendorong bagaimana pak Ganjar Pranowo dengan strategi komunikasinya, dengan visi misi, narasi, yang telah dipersiapkan oleh partai, bergerak bersama seluruh elemen partai, dan juga aktivasi dari seluruh 3 pilar partai termasuk caleg yang elemen-elemen mudanya itu begitu banyak," ucap Hasto.

"Dari bacaleg di tingkat kabupaten kota ada 73 persen anak-anak muda. Kemudian di tingkat provinsi ada 68 persen, dan tingkat nasional ada 53 persen," imbuhnya.

Hasto menyebut dengan bergeraknya seluruh unsur partai maka kerja-kerja politik untuk memenangi Pemilu 2024 akan berjalan efektif. Terlebih, PDIP dalam pencapresan Ganjar juga memiliki visi dan misi yang jelas untuk arah pembangunan nasional.

"Mesin pergerakan yang efektif apalagi dengan narasi visi misi yang jelas dan juga suatu desain komunikasi yang sudah dibahas dan mendapat tanggapan dari Ibu ketum, Mbak Puan dan juga pakar komunikasi," pungkas Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sekjen PDIP: Besok Perindo Merapat PDIP, Dukung Ganjar Pranowo

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, Partai Perindo akan mendatangi kantor DPP PDIP pada Jumat 9 Juni 2023 untuk menyatakan dukungannya kepada calon presiden Ganjar Pranowo.

"Besok pagi akan dilanjutkan dengan kerja sama politik bersama dengan Partai Perindo. Itu akan dilakukan pada pagi hari," kata Hasto di Sekolah Partai, Kamis (8/6/2023).

Meski telah membangun beberapa kerjasama politik dengan parpol seperti PPP, PAN dan Perindo, saat ini kerjasama belum membahas bakal cawapres Ganjar.

Hasto mengingatkan, pembahasan Cawapres adalah ranah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Bakal calon wakil presiden di dalam pandangan umum memang dibahas peta secara dinamis, tapi itu menjadi ranah Ibu Megawati Soekarnoputri dan tentu saja partai mengedepankan suatu upaya untuk merangkul seluruh elemen nasional, walaupun PDI Perjuangan sudah dipercaya rakyat bisa mengusung sendiri," pungkas Hasto.

 

3 dari 3 halaman

Rakernas PDIP Tak Akan Mengumumkan Nama Cawapres Ganjar

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto memberi sinyal nama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono masuk dalam radar bakal cawapres Ganjar Pranowo.

“Bahkan, muncul juga nama pak Basuki Menteri PUPR,” kata Hasto di sela Rakernas PDIP, Rabu 7 Juni 2023.

Menurut Hasto, nama Basuki muncul dari akar rumput PDIP lantaran dinilai berhasil membangun infrastruktur di Indonesia.

“Karena beliau, ada dari daerah-daerah Aceh mengalami kemajuan, Papua mengalami kemajuan, Sumatera Palembang mengalami kemajuan karena pembangunan infrastruktur, kemudian NTT mengalami kemajuan,” kata dia.

Meski demikian, Hasto menegaskan, Rakernas III PDIP yang digelar 6-8 Juni 2023 tidak akan mengumumkan nama bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

“Nama-nama masuk tidak akan dibahas di dalam Rakernas,”

Rakernas kali ini, lanjut Hasto, akan membahas strategi pemanasan mesin partai menghadapi Pemilu 2024.

“Rakernas membahas mesin partai penggalang tokoh strategi pemenangan Pemilu, persiapan saksi yang sangat detail, pelatihan juru kampanye, pelatihan kaum milenial pelatihan generasi Z agar terlibat dalam proses kontestas,” kata Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.