Sukses

Pakar Politik Mochtar Pabottinggi Meninggal Dunia

Mochtar Pabotinggi mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu (4/6/2023) dini hari sekitar pukul 00.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Penulis yang juga pakar politik nasional Mochtar Pabottinggi meninggal dunia. Hal itu disampaikan sahabatnya yang merupakan mantan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif.

Yudi menyebut Mochtar Pabottinggi mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu (4/6/2023) dini hari sekitar pukul 00.30 WIB.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah berpulang ke hadirat Ilahi, Bapak Mochtar Pabottingi. Hari Minggu dini hari (4 Juni 2023), jam 12.30. Semoga almarhum kembali dengan husnul khatimah dan bisa beristirahat dengan damai. Semoga pula segenap keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," ujar Yudi Latif dalam keterangannya, Minggu (4/6/2023).

Yudi menyebut, jenazah Mochtar Pabottinggi akan disemayamkan di rumah duka di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur.

"Jenazah akan dibawa ke rumah duka, Jalan Plafon 1/12. RT.09, RW.03. Kel. Kayu putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jaktim," kata Yudi.

Dikabarkan Mochtar sempat dirawat di Rumah Sakit EMC Pulomas, Jakarta Timur karena serangan jantung pada Sabtu, 22 April 2023. Mochtar saat koma, dan harus menjalani operasi pembuatan lubang pada dinding anterior trakea untuk membantu pernapasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mochtar Pabottingi Peneliti LIPI

Mochtar Pabottingi, (lahir 17 Juli 1945), adalah seorang penulis Indonesia, terutama puisi. Sejumlah puisinya dipilih Linus Suryadi AG dimuat dalam antologi puisi Tonggak 3 (1987). Namun banyak orang mengenal ia sebagai seorang peneliti daripada penulis puisi.

Mochtar adalah seorang Peneliti Utama bidang perkembangan politik nasional di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.