Sukses

Formula E Jakarta 2023 Siap Digelar, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Bakal Datang?

Ajang Formula E Jakarta 2023 disebut bakal dihadiri sejumlah tokoh, mulai Presiden Joko Widodo hingga ketua umum partai politik. Bagaimana dengan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan?

Liputan6.com, Jakarta - Formula E Jakarta edisi kedua siap digelar pada 3-4 Juni 2023. Ajang balap mobil listrik internasional itu bakal dilangsungkan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

Adapun JIEC Ancol menjadi sirkuit yang khusus dibangun di era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan.

Diketahui, pada 2022 Jakarta menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Formula E Federasi Automobil Internasional atau FIA seri Jakarta edisi pertama yang sukses digelar 4 Juni 2022 lalu.

Pada gelaran keduanya di Ibu Kota ini, Formula E Jakarta 2023 disebut bakal kembali dihadiri sejumlah tokoh, mulai dari Presiden Joko Widodo hingga ketua umum (Ketum) partai politik (Parpol). Bagaimana dengan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan?

Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said mengatakan bukan tidak mungkin Anies bakal hadir digelaran Formula E Jakarta 2023 di JIEC Ancol. Anies, kata Sudirman bisa saja hadir baik karena diundang maupun hadir dengan membeli tiket secara mandiri.

"Kalau diundang (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) Insyaallah hadir," kata Sudirman kepada Liputan6.com, Kamis (25/5/2023).

Secara singkat, Anggota Tim Delapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan ini menilai, apabila tak diundang pun Anies diprediksi bisa saja ikut nonton Formula E Jakarta 2023 secara langsung dengan merogohnya kocek sendiri.

"Atau kalau nanti pas di Jakarta dan ada waktu mungkin juga akan beli tiket," ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Niaga dan Operasi PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Ivan Cahya Permana memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan hadir untuk menyaksikan event Formula E 2023 pada Juni mendatang.

"Akan datang. Insya Allah ya kemarin disampaikan kepada kami akan datang," kata Ivan, kepada wartawan, dikutip Rabu 10 Mei 2023.

Tak hanya itu, Ivan memastikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sejumlah ketua umum partai politik akan hadir untuk menyaksikan gelaran Formula E.

"Iya kalau lihat tahun lalu kan Pak Presiden (Jokowi), Pak Wapres, Ketua partai semua pada datang, ya insya Allah tahun ini semuanya datang," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jakpro Gandeng KPK dalam Ajang Formula E 2023

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta pada 3-4 Juni 2023 mendatang. Inisiatif ini dilakukan Jakpro guna meminimalisir fraud dan korupsi.

Vice President (VP) Corporate Secretary PT Jakpro Syachrial Syarif mengatakan, pihaknya telah melaksanakan audiensi dengan KPK. Menurut Syachrial, Jakpro menyampaikan inisiatif perbaikan terkait proses dan tata laksana Jakarta E-Prix 2023 kepada KPK di Kantor KPK Kuningan, Jakarta Selatan.

"Laporan ini, utamanya berkaitan dengan proses bisnis profesional serta penggunaan anggaran yang secara keseluruhan diperoleh dari kerja sama bussines to bussiness (B to B) tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)," kata Syachrial dalam keterangan resminya, Dikutip pada Rabu, (24/5/2023).

Syachrial menyatakan pada pertemuan ini, pihak Jakpro diwakili Direktur Dukungan Bisnis Solihin, Direktur Keuangan Adrian Rusmana, dan Project Director Jakarta E-Prix 2023.

Lebih lanjut, dalam pertemuan tersebut, Jakpro juga menyampaikan penjelasan menyeluruh terkait persiapan Jakarta E-Prix 2023, diantaranya mulai dari kesiapan venue dan track, penjualan tiket, serta bentuk kerja sama yang terjalin dengan para mitra.

"Jakpro memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan governance reform serta mendorong para Mitra Usaha untuk juga melakukan tindakan yang terbuka dan transparan serta akuntabel sesuai prinsip tata kelola perusahaan yang baik," jelas Syachrial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.