Sukses

Infografis Muncul Dugaan Dana Korupsi BTS 4G Kemkominfo Mengalir ke 3 Parpol

Plt Menkominfo Mahfud Md mengaku sudah mendengar rumor dana korupsi BTS 4G Kemkominfo mengalir ke 3 parpol. Selain melapor kepada Presiden Jokowi, Mahfud menganggap hal itu hanya gosip politik.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar rumor di tengah pengusutan kasus korupsi proyek pengadaan BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1,2,3,4,5 Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemkominfo 2020-2022 senilai Rp 8,32 triliun. Muncul dugaan dana korupsi BTS Bakti Kemkominfo mengalir ke 3 partai politik atau parpol.

Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika atau Plt Menkominfo Mahfud Md menanggapi isu tersebut. Mahfud Md mengaku sudah mendengar berita soal aliran dana korupsi BTS Kemkominfo diduga mengalir ke parpol.

"Ya saya juga dapat berita itu, dengan nama-namanya. Tapi, saya anggap itu gosip politik," ujar Mahfud Md di Jakarta, Selasa 23 Mei 2023.

Mahfud yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menko Polhukam itu menegaskan, saat ini aparat akan bekerja sesuai koridor hukum. "Kita bekerja dengan hukum saja. Saya juga sudah lapor soal itu ke Presiden (Presiden Joko Widodo atau Jokowi). 'Pak saya tidak akan masuk ke soal ini. Ini pembuktiannya akan rumit dan mungkin menimbulkan kemelut politik'."

Kendati demikian, Mahfud mempersilahkan Kejaksaan Agung untuk mengusut dugaan tersebut. Dia mengatakan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK juga boleh untuk menyelidiki dugaan aliran dana tersebut.

Kasus korupsi BTS Kemkominfo diperkirakan merugikan negara sekitar Rp 8,32 triliun. Jumlah kerugian tersebut berdasarkan hasil audit Badan Pengawasan Pembangunan dan Keuangan atau BPKP.

Adapun hingga Selasa 23 Mei 2023, Kejaksaan Agung telah menetapkan 7 tersangka sekaligus menahan mereka. Salah satunya Menkominfo Johnny G. Plate.

Bagaimana awal mula korupsi BTS 4G Kemkominfo versi Mahfud Md? Bagaimana pula ragam tanggapan isu dana korupsi Kemkominfo mengalir ke parpol? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Muncul Dugaan Dana Korupsi BTS 4G Kemkominfo Mengalir ke 3 Parpol

3 dari 4 halaman

Infografis Awal Mula Korupsi BTS BTS 4G Kemkominfo Versi Mahfud Md

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Isu Dana Korupsi Kemkominfo Mengalir ke Parpol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini