Sukses

Harapan dan Pesan Jokowi hingga Panglima TNI di HUT ke-77 TNI AU

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga mengingatkan para prajurit TNI AU untuk selalu memegang jati diri TNI dan terus menjaga kedaulatan bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) hari ini memperingati hari jadinya yang ke-77. Peringatan HUT TNI yang berlangsung di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (9/4/2023) berlangsung meriah dengan diwarnai berbagai macam atraksi oleh para prajurit TNI AU maupun momen sejumlah pejabat yang tertangkap kamera terlihat berjoget bersama.

Sebut saja di antaranya Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, Kapolri Listyo Sigit, Menhan Prabowo Subianto, dan Kepala TNI AD Dudung Abdurahman yang begitu menikmati lagu Ojo Dibandingke.

Di balik semua kemeriahan tersebut, ada harapan besar serta doa yang diucapkan sejumlah tokoh negeri ini di HUT TNI AU. Salah satunya datang dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi tidak hadir langsung di perayaan HUT ke-77 TNI AU hari ini. Namun, dalam video yang dikutip Liputan6.com dari Sekretariat Presiden, orang nomor satu di negeri ini tersebut menyelipkan harapan besar agar TNI AU menjadi menjadi angkatan yang tangguh dan disegani negara lain.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga mengingatkan para prajurit TNI AU untuk selalu memegang jati diri TNI dan terus menjaga kedaulatan bangsa.

Sedangkan Menhan Prabowo Subianto menyatakan akan memberikan Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista) terbaik agar satuan militer Angkatan Udara RI semakin kuat.

"Kita membutuhkan Angkatan Udara yang kuat dan kita bertekad membangun agar Angkatan Udara yang kuat," tegas Prabowo di peringatan HUT ke-77 TNI AU, Minggu.

Berikut harapan serta pesan yang disampaikan tokoh negeri di perayaan HUT ke-77 TNI Angkatan Udara RI dihimpun dari Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Jokowi: TNI AU Harus Jadi Angkatan Udara Modern, Tangguh dan Disegani

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengampaikan ucapan selamat pada TNI AU yang hari ini, genap berusia 77 tahun. 

"Atas nama pemerintah, bangsa dan negara saya mengucapkan selamat hari tni angkatan udara yang ke77 kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Udara di mana pun bertugas di seluruh penjuru tanah air," kata Jokowi dikutip dari video Sekretariat Presiden, Minggu (9/4/2023).

Jokowi berharap, TNI AU mampu menjadi angkatan yang tangguh dan menjaga kekuatan nasional dan disegani negara lain.

"Di usia ke-77 ini tni angkatan udara harus menjadi angkatan udara yang modern dan tangguh, mampu menjaga ruang udara Indonesia serta bertransformasi sebagai kekuatan nasional negara yang disegani dan dihormati di dunia," kata Jokowi.

"Dirgahayu TNI Angkatan Udara Swa Bhuwana Paksa," pungkasnya.

3 dari 5 halaman

2. Ma’ruf Amin: TNI AU Terus Kawal Kedaulatan Bangsa

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berpesan kepada para prajurit TNI AU untuk selalu berpegang teguh pada prinsip dan jati diri TNI sebagai garda terdepan mengawal kedaulatan bangsa.

"Kepada seluruh prajurit TNI AU, teruslah memegang teguh jati diri TNI, sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional," ujar Ma'ruf dalam keterangannya, Minggu (9/4/2023).  

Ma'ruf menyebutkan peran besar dan strategis TNI AU menjadi harapan masyarakat, khususnya dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pemerintah, masyarakat, bangsa, dan negara menaruh harapan besar kepada TNI AU untuk tidak lelah menjaga keutuhan, kedaulatan dan keselamatan NKRI," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ma'ruf memberikan apresiasi kepada TNI AU atas kontribusinya dalam membangun bangsa.

"Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas seluruh pengorbanan, bakti dan karya nyata TNI AU, demi rakyat dan negara," kata Wapres.

Menutup ucapannya, Ma'ruf memberikan ucapan selamat kepada TNI AU agar senantiasa berkontribusi dalam menjaga tanah air Indonesia.

"Atas nama pemerintah dan segenap rakyat Indonesia, saya mengucapkan selamat Hari TNI Angkatan Udara ke-77 kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Udara," tutur Wapres.

4 dari 5 halaman

3. HUT TNI AU, Menhan Prabowo Bertekad Berikan Alat-Alat Terbaik

Saat menghadiri peringatan HUT ke-77 TNI AU yang diselenggarakan di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Menhan Prabowo Subianto mengatakan akan terus memberikan Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista) yang terbaik.

"Kita bertekad memberi mereka alat-alat yang terbaik," ucap Prabowo usai peringatan HUT ke-77 TNI AU, Minggu (9/4/2023).

Usai menyaksikan seluruh rangkaian termasuk atraksi yang dipamerkan oleh prajurit TNI AU, dia menilai satuan militer Angkatan Udara memiliki semangat yang luar biasa.

5 dari 5 halaman

4. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono berpesan kepada para prajuritnya agar terus melakukan pembangunan menjadi prajurit TNI AU yang modern.

Diketahui, merayakan HUT ke-77 TNI AU, digelar upacara perayaan di pangkalan udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Yudo ditunjuk sebagai inspektur upacara.

"Selama 77 tahun TNI AU selalu hadir baik operasi perang maupun non perang, mempertahanan kan keutuhan NKRI dan tumpah darah NKRI. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas dedikkasi, profesionalitas TNI AU," kata Laksmana Yudo, Minggu (9/4/2023).

Dia pun sempat membahas soal pandemi Covid-19 hingga perang dunia antara Rusia dan Ukraina. Laksamana Yudo mengatakan, sebagai garda terdepan yang melindungi tanah air agar pihak TNI AU selalu siap untuk mengahadapi berbagai krisis yang mengancam bangsa.

"Komitmen TNI AU menghadapi ancaman yang semakin kompleks, terus bersikap profesional karena ancaman terus ada, terus berlatih," tegas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.