Sukses

Tol Solo-Yogyakarta dan Cisumadawu Siap Dioperasionalkan Perlancar Arus Mudik Lebaran 2023

Menurut Basuki Jalan Tol Cisumdawu dapat mulai difungsionalkan pada 15 April 2023. Kendati begitu, baru dua lajur yang bisa difungsionalkan karena ada daerah-daerah longsor.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah akan mengoperasikan Jalan Tol Solo-Yogyakarta serta Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) juga akan dioperasionalkan.

Basuki menyebut kedua jalan tol ini akan dioptimalkan untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2023.

"Kalau dari PU, tambahannya yang mungkin akan sangat membantu pertama adalah Cisumdawu, itu mudah-mudahan bisa tembus dari Cileunyi sampai ke Dawuan 90 kilometer lebih," kata Basuki di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Menurut dia, Jalan Tol Cisumdawu dapat mulai difungsionalkan pada 15 April 2023. Kendati begitu, Basuki menuturkan nantinya baru dua lajur yang bisa difungsionalkan karena ada daerah-daerah longsor.

"Rencannaya tanggal 15 (April) sudah bisa kita buka fungsional (Tol Cisumdawu). Karena ada yang daerah-daerah longsor nah itu kita lagi tangani dengan dua lajur minimal," jelasnya.

Sementara, dengan adanya Jalan Tol Solo-Yogyakarta, Basuki menyampaikan pemudik tak perlu lagi masuk ke Kartosuro apabila hendak ke Yogyakarta. Hal ini diharapkan dapat mengurai kemacetan saat arus mudik Lebaran 2023.

"Solo-Yogya yang dari exit Jalan Tol dari Semarang-Solo nanti kalau orang mau ke Jogja enggak perlu lagi ke Kartosuro,"  langsung bisa tembus sehingga bisa melewati mungkin 7 traffic light. Nah, itu sudah membantu 7 traffic light yang bisa enggak lewat situ," tutur Basuki.

"Karena biasanya lewat Kartosuro baru belok ke Kandang Menjangan-nya Kopassus, nah itu enggak perlu lewat situ tapi bisa langsung ke Sawit, itu lumayan bisa membantu kelancaran, bisa membantu lebih mencairkan kemacetan di situ," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penambahan Rest Area

Disamping itu, pemerintah menambah rest area di sejumlah jalan tol, seperti Tol Cipali dan tol wilayah Banten. Rest area ini dibangun untuk mengurangi antrean masuk kapal.

"Yang ketiga, untuk rest-rest area di Cipali di kilometer 81 kita bikin sementara, ada sekian lebih dari 5 hektar, termasuk yang di Banten di kilometer 97 untuk menunggu masuk kapal kita parkirkan di situ jadi bisa mengurangi antrean," ujar dia.

Kemudian, pemerintah menyiapkan 9.000 toiley di 127 rest area jalan tol. Sehingga, diharapkan pemudik dapat nyaman selama perjalanan mudik Lebaran 2023.

"Kemudian toilet-toilet yang tahun lalu sekitar 6.000 toilet di 127 rest area jalan tol, itu sekarang sudah menjadi sekitar 9.000 toilet yg kita siapkan. Jadi mudah-mudahan bisa memberikan kelancaran orang buang air kecil," pungkas Basuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.