Sukses

Gagal Main di Piala Dunia U-20 2023, Jokowi Minta Pemain Timnas Indonesia Tak Patah Semangat

Jokowi memberi semangat kepada para pemain Timnas Indonesia U-20, yang gagal bermain di Piala Dunia U-20 2023.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi semangat kepada para pemain Timnas Indonesia U-20, yang gagal bermain di Piala Dunia U-20 2023. Jokowi tak ingin para pemain larut dalam kesedihan dan kekecewaan.

Hal ini disampaikan Jokowi saat bertemu dengan pemain dan pelatih Timnas U-20 Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (1/4/2023). Pada pertemuan itu, Jokowi sempat berbincang serius dengan pemain, pelatih, dan tim official Timnas U-20 2023.

"Sore hari ini saya hadir di Gelora Bung Karno untuk memberikan semangat kepada tim U-20 untuk agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan," kata Jokowi dalam konferensi pers usai pertemuan di Stadion Utama GBK Jakarta, Sabtu.

Dia menyampaikan Indonesia ke depannya ingin memiliki tim sepakbola yang betul-betul siap. Selain itu, Jokowi mengatakan para pemain timnas U-20 Indonesia tak perlu patah semangat gagal tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Menurut dia, para pemain timnas U-20 Indonesia masih berusia muda. Sehingga, mereka masih bisa bermain di Asian Games, Piala AFF, dan Olimpiade 2024.

"Karena kayak U-20 ini karena masih muda masih memiliki kesempatan. Bisa main di Sea Games, bisa main di Asian Games, bisa main di AFF, masih bisa main di Olimpiade 2024. Saya kira kesempatan itu masih panjang," jelasnya.

"Sehingga tadi saya sampaikan kepada mereka jangan patah semangat," sambung Jokowi.

Sebelumnya, Federal sepak bola dunia (FIFA) membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hal ini dengan pertimbangan situasi terkini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

FIFA Akan Bantu PSSI

Dalam pernyataan resmi, FIFA menyebutkan menyusul pertemuan Rabu, 29 Maret 2023 antara Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan dengan mempertimbangkan situasi terkini untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

FIFA menyatakan akan secepatnya menunjuk tuan rumah baru, sedangkan tanggal penyelenggaraan kompetisi itu tidak berubah. Kemudian diumumkan kalau potensi sanksi terhadap Indonesia juga akan diumumkan pada tahap berikutnya.

"FIFA ingin menggarisbawahi meski terdapat keputusan ini, pihaknya tetap berkomitmen untuk secara aktif membantu PSSI, melalui kerja sama erat dan dengan dukungan Presiden (Joko Widodo), pada proses transformasi sepak bola Indonesia menyusul tragedi yang terjadi pada Oktober 2022.

Anggota-anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam bulan-bulan mendatang, dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Thohir," demikian pernyataan lanjutan FIFA dikutip dari Antara, Kamis pekan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.