Sukses

Pemkot Tangerang Sabet Core Values ASN BerAKHLAK

Liputan6.com, Jakarta Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam mengimplementasikan core values ASN Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif (BerAKHLAK), diapresiasi penghargaan Accelerated Culture Transformation (ACT) Consulting/ESQ Group, yang bekerja ama dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan berupa plakat dan piagam Juara 1 Pemerintah Kota dengan indeks implementasi 'Akuntabel' serta 10 besar Pemerintah Kota dengan indeks implementasi 'Adaptif' tersebut, diserahkan langsung oleh Founder ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian, kepada Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah, di Ruang Rapat Akhlakul Karimah Gedung Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang, Kamis, (30/03/2023).

Dalam sambutannya, Arief juga menyampaikan apresiasinya kepada ACT Consulting atas penghargaan yang telah diberikan, dan berharap penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi bagi para ASN di Kota Tangerang untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Alhamdulillah, kami apresiasi dan ucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan. Dimana dalam implementasi nilai-nilai atau core values ASN BerAkhlak ini, Kota Tangerang dinilai sudah sesuai dengan komponen akuntabel dan adaptif," ujar Arief.

Harapannya adalah, dapat menjadi motivasi untuk memaksimalkan komponen-komponen lain dalam BerAkhlak tersebut yang muaranya pada peningkatan kapasitas dan kualitas pelayanan bagi masyarakat.

Untuk itu, Arief mengajak seluruh ASN di Lingkup Pemkot Tangerang, untuk lebih memahami sekaligus memaknai core values ASN Berakhlak. Sehingga nilai-nilai dari core values tersebut dapat diimplementasikan lebih maksimal baik dalam urusan pemerintahan, pembangunan dan juga pelayanan.

"Tentunya jika tujuannya adalah untuk memajukan serta menyejahterakan masyarakat Kota Tangerang ini, saya rasa nilai-nilai BerAkhlak ini harusnya tidak hanya sekadar diterapkan tetapi juga dibudayakan dan terus berkelanjutan agar masyarakat dapat dengan maksimal merasakan dampak dari peningkatan kinerja yang dicapai bersama," tutur Wali Kota Tangerang Arief.

 

2 dari 2 halaman

Pemetaan Budaya Kerja ASN Tangerang

Sementara itu, Founder ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian, mengungkapkan, penghargaan tersebut diberikan berdasarkan survei pemetaan dan pengukuran budaya kerja ASN di Lingkup Pemkot Tangerang yang diikuti oleh 333 responden.

"Ya, ini dinilai oleh ASN dan tidak ada pengarahan apapun. Jadi mereka menilai tentang persepsi mereka tentang core values BerAKHLAK itu sendiri. Dan ini dilaksanakan secara serentak kepada seluruh kementerian, lembaga, Pemerintah Pusat serta Daerah diakhir tahun 2022, dan Pemkot Tangerang menjadi salah satu yang terbaik dalam implementasi tersebut," ujar Ary Ginanjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.