Sukses

Koalisi Perubahan Akan Deklarasikan Cawapres Anies Paling Cepat Juli 2023

Dekarasi Cawapres pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024 akan dilakukan paling cepat pada Juli 2023 dan paling lambat satu bulan sebelum pendaftaran di KPU.

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, Demokrat, dan PKS telah menetapkan target kapan akan melakukan deklarasi bersama calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) yang akan diusung.

Saat ini, Koalisi Perubahan sudah mendeklarasikan kesepakatan bersama untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Kini tinggal mencari siapa calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies di Pilpres 2024.

Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengakui, tim kecil Koalisi Perubahan sudah punya hitungan kapan akan deklarasi calon presiden dan calon wakil presiden. Paling cepat deklarasi bisa dilakukan pada bulan Juli 2023.

"Bahkan ada sebuah reng-rengan yang sudah kita hitung bulan Juli tampaknya sudah," ujarnya di NasDem Tower, Jakarta, Sabtu (24/3).

Sementara paling lambat Koalisi Perubahan akan melakukan deklarasi satu bulan sebelum pendaftaran bakal calon presiden dan calon wakil presiden di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Dipastikan kurang lebih 1 bulan atau paling lambat 1 bulan sebelum pendaftaran, paling lambat yang paling lambat sebulan sebelum pendaftaran itu sudah kami hitung, itu paling lambat," ujar Sugeng.

Saat ini tim kecil Koalisi Perubahan telah ditugasi Anies baswedan untuk memfinalisasi nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Tak Mau Buru-Buru

Anies belum membocorkan siapa nama calon wakil presiden. Ia tidak ingin buru-buru menetapkan siapa yang akan mendampinginya di Pilpres 2024.

"Biarkan berproses dulu sudah ada tim kecil yang akan terus membahas dengan kriteria-kriteria yang ada," ujarnya.

Anies memastikan akan ada waktunya untuk mengumumkan calon wakil presiden. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta doa agar dilancarkan.

"Insya Allah pada waktunya nanti kita akan dapat dan doakan sudah dan berjalan dengan lancar, itu aja dulu," kata Anies.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.