Sukses

PDIP Lantik Eks Wali Kota Semarang Jadi Ketua Umum Taruna Merah Putih

Hasto menuturkan, PDIP berharap di bawah kepemimpinan Hendi dan Rio akan memperkuat Taruna Merah Putih untuk merekrut anak muda berpolitik melalui partai berlambang banteng ini.

Liputan6.com, Jakarta PDI Perjuangan melantik mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi alias Hendi menjadi Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP) periode 2019-2024 menggantikan Maruarar Sirait. Serta dilantik Rio Alexander Jeremia Dondokambey sebagai Sekjen DPP TMP 2019-2024 menggantikan Restu Hapsari.

Pelantikan digelar di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (23/3/2023). Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyaksikan secara virtual. Sementara jajaran DPP PDIP yang hadir adalah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Bendum Rudianto Tjen, Ketua DPP PDIP bidang pemuda dan olahraga Eriko Sotarduga, Ketua DPP PDIP bidang keanggotaan dan organisasi Sukur Nababan, dan Ketua DPP PDIP bidang sosial dan penanggulangan bencana Ribka Tjiptaning.

Hadir Maruarar Sirait dan Restu Hapsari yang merupakan Ketua Umum dan Sekjen TMP sebelumnya, bersama para kader serta pengurus TMP. Serta turut hadir anggota DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan.

Surat Keputusan DPP PDIP dibacakan oleh Eriko Sotarduga, dan telah ditandatangani Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Ketua DPP PDIP Sukur Nababan memimpin prosesi pengambilan janji dan sumpah jabatan terhadap Hendrar Prihadi dan Rio Dondokambey. 

Hasto menuturkan, PDIP berharap di bawah kepemimpinan Hendi dan Rio akan memperkuat Taruna Merah Putih untuk merekrut anak muda berpolitik melalui partai berlambang banteng ini.

"Semoga dengan kepengurusan baru, TMP makin dapat menggelorakan dironya sebagai wahana penggemblengan kaum muda sekaligus dipersiapkan menjadi calon pemimpin bangsa melalui PDI Perjuangan," kata Hasto.

Kata dia, berpolitik bukan hanya masuk dalam kekuasaan, menjadi pejabat negara, anggota DPR atau kepala daerah. Tetapi berpolitik membangun peradaban sesuai ajaran Megawati Soekarnoputri 

"Berpartai itu tak hanya soal kekuasaan, tapi juga mengenai menjaga kehidupan. Lihat saja bagaimana Ibu Megawati adalah satu-satunya ketua umum partai yang konsisten menggelorakan kesadaran mencintai lingkungan," kata Hasto.

Melalui kesadaran itu, Megawati berpesan sejak 2005, 24 pulau di Indonesia tenggelam, walau tidak berpenghuni pulau tersebut ada ekosistem dan kehidupan yang sudah ada ribuan atau bahkan jutaan tahun. 

"Ketika pulau itu tenggelam, maka tenggelam juga peradaban ribuan atau jutaan tahun di situ. Maka jika kita menjaga lingkungan hidup, maka kita juga menjaga kehidupan kita," jelas Hasto.

Selanjutnya, Hasto mengingatkan berpolitik untuk mewujudkan Indonesia berdikari. Hasto mendorong TMP untuk melakukan terobosan melakukan pelatihan masyarakat menjadi enterpreneur dan pengusaha agar menciptakan lapangan kerja.

"TMP harus menjadi wahana agar anak didiknya didorong bersekolah dan terus menggali ilmu pengetahuan," kata Hasto.

Sementara itu, Hendi dan Rio menyampaikan terima kasih telah diberikan kepercayaan oleh Megawati dan pengurus PDIP memimpin TMP.

"Kami berkomitmen akan melaksanakan perintah ketua umum dan partai dengan baik, berkonsolidasi dan berkomunikasi, termasuk melaporkan secara periodik berbagai situasi dan kegiatan kepada DPP PDI Perjuangan," kata Hendi.

"Insya Allah dengan kebersamaan dan kekompakan dan bimbingan para senior, kami yakin akan bisa membangun TMP ke depan. Kami akan coba melengkapi sehingga kekuatan TMP mampu berkontribusi menghasilkan kemenangan hattrick PDI Perjuangan di 2024," kata imbuhnya.

TMP akan menyasar segmen pemuda di Pemilu 2024. Hendi mengutip data Pemilu 2024 akan diikuti 208 juta pemilih yang 106 juta di antaranya adalah pemilih muda.

"Kami menyasar ini, bersama organ sayap partai yang lain, akan membuat kami menjadi kuat dan kompak sehingga target hattrick di pemilu bisa tercapai. Mohon bimbnangan ibu ketua umum dan para senior partai," ujarnya.

"Pertanyaannya bagaimana PDI Perjuangan akan bisa menang terus? Kuncinya pertahankan yang sudah merah dan kita buat yang belum merah menjadi merah," tegas Hendi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gantikan Maruarar Setelah 15 Tahun Memimpin

Sementara, Rio Dondokambey menekankan bahwa TMP harus bisa memantapkan kerja baik selama ini, yakni menjadi salah satu alat partai dalam perekrutan kader terbaik bagi PDI perjuangan. 

"Kami akan maksimalkan perekrutan di berbagai lini khususnya anak muda, bukan hanya sebagai pemilih namun juga sebagai bagian dari PDI Perjuangan dan menjadi penerus kepemimpinan nasional yang teguh memperjuangkan ideologi Bung Karno," kata Rio.

Maruarar Sirait menyatakan terima kasih atas kesempatan yang diberikan partai kepada dirinya untuk memimpin TMP selama 15 tahun. 

“Saya senang dan memang harusnya ada regenerasi. Terima kasih atas kesempatan dari bu ketua umum dan sekjen san saya mohon maaf atas kekurangan saya selama memimpin," kata pria yang akrab disapa Ara itu.

Ara juga berterima kasih atas penunjukkan Hendi dan Rio yang menurutnya sosok yang bagus. 

"Saya yakin Hendy ini orang yang bagus. Saya yakin sangat bagus karena sangat ideologis dan diterima masyarakat. Saya berterima kasih atas putusan ini. Saya percaya di tangan Mas Hendi, TMP akan lebih maju," tegas Ara.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.