Sukses

Ada Demo di Depan Gedung DPR, Cek Pengalihan Arus Lalu Lintasnya

Polisi melakukan pengalihan arus lalu lintas di kawasan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pada Senin (13/3/2023). Hal ini imbas dari aksi unjuk rasa yang dilakukan Partai Buruh di depan Gedung DPR/MPR.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi melakukan pengalihan arus lalu lintas di kawasan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pada Senin (13/3/2023). Hal ini imbas dari aksi unjuk rasa yang dilakukan Partai Buruh di depan Gedung DPR/MPR. Demontrasi untuk menolak pengesahan Perppu Omnibus Law Cipta Kerja menjadi undang-undang.

"Kegiatan penyampaian pendapat dari Aliansi Buruh di depan Gedung DPR/ MPR JI. Gatot Subroto Jakpus, bagi pengguna jalan yang menuju arah Slipi diimbau agar mencari jalur alternatif lain," tulis akun instagram @tmcpoldametro dikutip, Senin.

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menerangkan, masyarakat yang menuju ke kawasan Gedung DPR/MPR diimbau mencari jalur aternatif.

"Alih arus lalu lintas dilaksanakan pada Senin pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai," ucap Trunoyodo dalam keterangan tertulis.

Berikut rekasaya arus lalu lintas:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto arah Gedung DPR/MPR dibelokkan kiri ke Jalan Gerbang pemuda

2. Arus lalu lintas dari jalan Gerbang Pemuda arah Gedung DPR/MPR diputar balik di Kolong layang farmasi ke Jalan Gerbang Pemuda.

3. Arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di offramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tol Tomang.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur arah Jalan Gelora diluruskan Jalan Tentara Pelajar

5. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika diluruskan ke Jalan Gelora.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda arah Jalan Gelora dibelok ke kiri Jalan Asia Afrika.

7. Arus lalu lintas dari arah Slipi menuju Jalan Gerbang pemuda ditutup diluruskan arah Semanggi

8. Apabila terjadi kepadatan bus di pintu 10 yang akan parkir di GBK maka sebelum simpang susun Semanggi di belokkan ke kiri arah Bundaran Senayan dan diarahkan masuk melalui pintu 7 GBK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1.753 Personel Gabungan TNI-Polri Jaga Demo Buruh di Gedung DPR

Partai Buruh menggelar aksi unjuk rasa untuk menolak pengesahan Perppu Omnibus Law Cipta Kerja menjadi Undang-Undang. Demo digelar di kawasan DPR/MPR, Jakarta Pusat hari ini, Senin (13/3/2023).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menerangkan, pihaknya siap mengawal aksi unjuk rasa dari elemen buruh dan Partai Buruh. Sebanyak 1.753 personel gabungan dikerahkan.

"Total kekuatan personel pengemanan ada 1.753 personel," kata Trunoyudo dalam keterangan tertulis, Senin (13/3/2023).

Trunoyudo menerangkan, 1.753 personel terdiri dari 1.474 personel Polda Metro Jaya, 160 personel Polres jajaran dan 199 personel gabungan dari TNI serta Satpol PP.

"TNI ada 100 personel," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Demo Dipusatkan di DPR

Terpisah, Presiden Partai Buruh, Said Iqbal menerangkan aksi unjuk rasa akan dipusatkan di depan DPR RI dan diikuti ribuan buruh yang berasal dari Jabodetabek. Sementara itu, pada saat bersamaan, aksi juga akan dilakukan di ratusan kota industri besar yang ada di Indonesia.

Adapun tuntutan utama yang akan disuarakan dalam aksi kali ini adalah menolak pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja dalam Sidang Paripurna DPR RI.

"Di mana dampak buruk omnibus law Cipta Kerja sudah dirasakan oleh buruh. Seperti kenaikan upah minimum yang kecil, outsourcing di semua jenis pekerjaan, kontrak berkepanjangan, PHK mudah, hingga pesangon murah," kata dia dalam keterangan tertulis dikutip, Senin (13/3/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.