Sukses

LRT Jakarta Velodrome-Manggarai Ditargetkan Beroperasi Agustus 2024

Pemprov DKI Jakarta menargetkan pembangunan Lintas Raya Terpadu atau LRT Jakarta Fase 1B trase Velodrome-Manggarai beroperasi pada Agustus 2024.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan pembangunan Lintas Raya Terpadu atau LRT Jakarta Fase 1B trase Velodrome-Manggarai beroperasi pada Agustus 2024.

Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengataka, saat ini, pembangunan LRT Velodrome-Manggarai masih dalam tahap pengajuan izin trase ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Lebih lanjut, Sigit menyebut tidak hanya soal trase, konstruksi moda transportasi massal di Ibu Kota itu juga ditargetkan dapat rampung pada 2024 mendatang.

"Kita punya komitmen paling lambat Agustus 2024 lintasan LRT Jakarta dari Velodrome ke Manggarai sudah diperasikan," kata Sigit kepada wartawan, dikutip Jumat (3/3/2023).

Sigit menyatakan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah bertemu membahas pembangunan rute LRT Velodrome-Manggarai.

Menurut Sigit, dengan target beroperasi pada Agustus 2024, saat ini proyek pembangunan LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai dalam proses tender dan persiapan konstruksi.

Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menargetkan proyek pembangunan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai ditargetkan selesai pada akhir 2024.

VP Corporate Secretary PT Jakpro mengatakan pengerjaan LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai ini sejalan dengan proses penyiapan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral yang bakal menjadi pertemuan berbagai moda transportasi publik di Ibu Kota.

"LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai ini diharapkan dapat memudahkan mobilitas masyarakat dan mendorong integrasi moda angkutan umum di Jakarta seperti KAI Commuter Line dan MRT Jakarta," kata Syachrial dalam keterangan resmi, Jumat 10 Februari 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Stasiun lrt

Syachrial menyampaikan bahwa secara rinci, rute Fase 1B mencapai jarak sepanjang 6,4 kilometer dengan lima stasiun. Rute ini, ditargetkan dapat membawa minimal 80-100 ribu penumpang per hari dan maksimal 180 ribu penumpang setiap harinya.

Syachrial menyebut pembangunan LRT Jakarta Fase 1B tergolong transportasi hijau atau rendah karbon dan ramah lingkungan.

Sembari pengerjaan, Jakpro juga akan meningkatkan fitur operasional LRT Jakarta pada Fase 1A rute Velodrome - Kelapa Gading. Semisal, menyediakan ramp sepeda di tangga akses, melebarkan gate pembayaran, serta pengadaan koridor kereta yang dapat mengakomodir sepeda lipat maupun sepeda non-lipat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.