Sukses

Infografis Menpora Zainudin Amali Pilih Fokus Jadi Waketum PSSI

Menpora Zainudin Amali meminta izin Presiden Jokowi untuk fokus terhadap sepak bola usai terpilih sebagai Waketum PSSI. Namun, Jokowi mengaku belum menerima secara resmi surat pengunduran diri Zainudin Amali sebagai Menpora.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora Zainudin Amali mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Zainudin Amali yang baru terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau Waketum PSSI Periode 2019-2023 itu memilih mundur dari jabatan menteri.

"Tadi saya secara pribadi sudah melapor kepada Bapak Presiden (Jokowi) dan tentu juga Beliau sudah mengetahui tentang saya terpilih sebagai salah satu Wakil Ketua Umum PSSI dan Beliau menyerahkan kepada saya," ucap Zainudin Amali di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 20 Februari 2023.

"Saya sampaikan kepada Bapak Presiden, 'Bapak, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola menjadi pengurus PSSI.' Dan itu dipahami oleh Beliau. Dan Beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola," Waketum PSSI itu menambahkan.

Amali menuturkan, Presiden Jokowi mempersilakan dirinya mendampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Waketum II Ratu Tisha Destria, untuk mengurus sepak bola di Indonesia. Jokowi tak mempermasalahkan keinginan Amali.

Sehari kemudian, Presiden Jokowi mengatakan, Zainudin Amali sudah menyampaikan keinginannya mundur dari Menpora, usai terpilih menjadi Waketum I PSSI. Hanya saja, Jokowi belum menerima surat pengunduran diri dari Amali secara resmi.

"Secara resmi belum, tertulis belum. Informal sudah," ujar Jokowi di Jakarta, Selasa 21 Februari 2023.

Soal Menpora pengganti Zainudin Amali pun belum dibicarakan. "Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara ya," imbuh Jokowi.

Adapun pada hari yang sama seiring kabar pengunduran diri Menpora Zainudin Amali, Ketum PSSI Erick Thohir bersama jajaran pengurus menggelar pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan itu, Jokowi di antaranya memberi masukan terkait transformasi sepak bola Indonesia.

Apa saja poin penting pertemuan pengurus baru PSSI dengan Jokowi? Bagaimana ragam tanggapan Menpora Zainudin Amali memilih fokus jadi Waketum PSSI? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Menpora Zainudin Amali Pilih Fokus Jadi Waketum PSSI

3 dari 4 halaman

Infografis Poin-Poin Penting Pertemuan Pengurus Baru PSSI dan Jokowi

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Menpora Zainudin Amali Pilih Fokus Jadi Waketum PSSI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.