Sukses

Erick Thohir Dinilai Bekerja Nyata Atasi Persoalan UMKM Indonesia

Erick Thohir sejak berada di pemerintahan Indonesia dinilai langsung menghadirkan solusi agar sektor UMKM berkembang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir disebut oleh Pengamat Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta, Bambang Arianto bekerja nyata mengatasi berbagai persoalan sektor UMKM Indonesia. Selama ini sektor UMKM Indonesia selalu menghadapi persoalan klasik yakni mulai dari pendanaan, standar produk, akses pasar hingga tantangan terbaru digitalisasi.

"Harus kita akui bahwa selama ini ada beberapa kendala yang masih dihadapi oleh UMKM di Indonesia, seperti sertifikasi, standar produk, pemasaran, pembiayaan, akses pasar dan digitalisasi. Namun berbagai persoalan ini teratasi oleh Pak Erick Thohir,” terang Bambang kepada wartawan, Kamis (9/2/2023).

Erick Thohir sejak berada di pemerintahan Indonesia, langsung menghadirkan solusi agar sektor UMKM berkembang. Menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini bergerak cepat dengan memberikan berbagai program dan fasilitas agar sektor UMKM mampu berkembang serta menjadi pulang punggung ekonomi Indonesia.

Seperti halnya program Mekaar, KUR, Rumah BUMN, Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM) hingga fasilitas etalase kelas dunia seperti Sarinah, pos bloc dan m bloc. Berbagai fasilitas dan program ini memberikan bantuan pendanaan, pendampingan, pemasaran hingga menyediakan off taker atau pembeli.

Fasilitas ini mengatasi persoalan mendasar dari para pelaku UMKM di Indonesia seperti pembiayaan, standar produk, akses pasar hingga digitalisasi. Seperti diketahui, PaDi UMKM gagasan Erick Thohir memiliki 40 ribu UMKM yang telah bergabung.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pahlawan UMKM

Pembiayaan pun telah tersalur sebesar Rp 24,4 triliun UMKM dan angka tersebut akan terus ditingkatkan menjadi Rp 50 triliun di tahun 2023. Nasabah pembiayaan dari perusahaan-perusahaan BUMN pun telah menyentuh angka 50 juta nasabah.

Total nasabah itu terdiri dari 14 juta nasabah mikro BRI, 14 juta nasabah mikro PT Pegadaian serta 13,6 juta nasabah PNM Mekaar. Atas kerja-kerja nyata ini Bambang mengatakan Erick Thohir layak untuk disebut sebagai pahlawan bagi sektor UMKM Indonesia.

“Layak bila kita menyatakan Erick Thohir sebagai pahlawan UMKM Indonesia," pungkas Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.