Sukses

Infografis Pertemuan Mengejutkan Surya Paloh dengan Airlangga Hartarto

Ada pernyataan cukup mengejutkan. Surya Paloh menyatakan, NasDem mengajak Koalisi Indonesia Baru yang terdiri dari Partai Golkar, PPP, dan PAN untuk bersama merapat ke Koalisi Perubahan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum atau Ketum Partai NasDem Surya Paloh gencar menggelar pertemuan dan silaturahmi. Tak sampai sepekan setelah pertemuan dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidan, Jakarta, Surya Paloh menyambangi markas Partai Golkar di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Rabu 1 Februari 2023.

Namun, ada pernyataan cukup mengejutkan. Surya Paloh menyatakan, NasDem mengajak Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Amanat Nasional untuk bersama merapat ke Koalisi Perubahan.

Pernyataan itu disampaikan Surya Paloh usai menggelar pertemuan dengan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Menurut Paloh yang tak lain mantan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, semua kemungkinan ada untuk saling merapat ke koalisi.

"Sama-sama mungkin. Mungkin juga KIB bergabung ke NasDem," ujar Paloh di Kantor DPP Partai Golkar.

Lebih lanjut, Paloh menjelaskan alasan NasDem justru mendatangi Partai Golkar lebih dulu ketimbang ke markas rekan calon koalisinya, yakni Demokrat dan Partai Keadlian Sejahtera atau PKS. Menurut bos Media Group tersebut, Golkar adalah partai prioritas.

"Kenapa harus berkunjung ke Golkar? Prioritas bagi Nasdem. Ada satu romantisme, ada satu perjalanan. Sejarah perjalanan hidup saya pribadi dalam usia yang saya capai sampai saat ini," tutur Surya Paloh yang merupakan politikus Golkar sejak 1968 hingga 2011.

Adapun Airlangga Hartarto menyatakan, pertemuan dengan Surya Paloh sudah sering dilakukan. Bahkan, bukan pertemuan yang pertama.

"Sudah berkali-kali. Di antara pertemuan itu kami sering berkomunikasi," Ketum Partai Golkar itu menekankan.

Apa saja 3 poin penting pertemuan Surya Paloh dengan Airlangga Hartarto? Bagaimana ragam tanggapan pertemuan mengejutkan Surya Paloh-Airlangga Hartarto? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Pertemuan Mengejutkan Surya Paloh dengan Airlangga Hartarto

3 dari 4 halaman

Infografis 3 Poin Penting Pertemuan Surya Paloh dengan Airlangga Hartarto

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Pertemuan Mengejutkan Surya Paloh - Airlangga Hartarto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.