Sukses

Jokowi Minta Sektor Pariwisata Digenjot Sekencang-kencangnya

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta sektor pariwisata di Indonesia digenjot sekencang-kencangnya. Menurut Jokowi, tahun ini adalah momen kebangkitan pariwisata Indonesia.

"Tahun ini akan menjadi momen kebangkitan pariwisata Indonesia. Waktu yang sangat baik untuk bangkit, menggenjot sekencang kencangnya pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia," kata Jokowi dalam acara Peluncuran Karisma Event Nusantara Festival 2023 melalui tayangan video, Sabtu (28/1/2023).

Jokowi menuturkan, pemerintah telah meluncurkan gerakan nasional bangga berwisata di Indonesia. Tujuannya untuk mengajak lebih banyak masyarakat berwisata di dalam negeri.

Selain itu, mendongkrak pertumbuhan wisatawan nusantara hingga dua kali lebih banyak di banding tahun sebelumnya.

"Untuk itu kita harus berkolaborasi bekerja sama memperbaiki kualitas destinasi, memperbanyak atraksi dan event-event yang menarik menampilkan inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan daya saing," ucapnya.

Jokowi melanjutkan, tahun ini terdapat 110 kharisma event nusantara dan 65 event sport, music dan creative event calendar dari seluruh Indonesia.

Event itu bakal menjadi magnet untuk menarik kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara untuk datang menikmati keunikan pariwisata di seluruh penjuru tanah air.

"Event-event unik dengan spirit keberlanjutan ini akan menjadi promosi yang baik. Untuk peningkatan citra pariwisata Indonesia di mata wisatawan nusantara dan juga mancanegara," kata Jokowi.

 

2 dari 2 halaman

Jokowi Luncurkan Kharisma Event Nusantara 2023

Presiden yakin dengan berbagai upaya yang telah pemerintah lakukan seperti pembenahan fasilitas dan infrastruktur pariwisata, kemudahan transportasi dan konektivitas, kesiapan SDM, akan membuat akomodasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) bangkit dan pulih lebih kuat.

"Dengan mengucap bismillahhirohmanirohim, saya luncurkan kharisma event nusantara tahun 2023 hari ini," ucap Jokowi.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.