Sukses

Jelang Imlek, Tim Jibom Polda Metro Jaya Sterilisasi 4 Vihara di Tangerang

Jelang Imlek terdapat empat Vihara yang didatangi Tim Jibom Gegana Polda Metro Jaya.

Liputan6.com, Jakarta Jelang perayaan Imlek yang jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023, sejumlah Vihara di Tangerang, disterilisasi tim penjinak bom (Jibom), Sabtu (21/1/2023).

Terdapat empat Vihara yang didatangi Tim Jibom Gegana Polda Metro Jaya. Yakni Vihara Boen Tek Bio di Kecamatan Tangerang, Vihara Nimmala Boen San Bio di Kecamatan Karawaci. Lalu, Vihara Yang Sen Bio di Kecamatan Neglasari dan Vihara Hok Tek Bio di Kecamatan Teluknaga.

"Tim Jibom diturunkan guna memastikan tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," ungkap Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho. 

Kapolres juga menyebut, selama sterilisasi tidak ditemukan potensi kerawanan, termasuk tidak adanya benda yang mencurigakan. Seperti bom maupun bahan peledak lain dan situasi kondusif.

"Pengamanan kita lakukan secara humanis dan persuasif. Mulai dari skema parkir hingga pemeriksaan barang bawaan Jamaat, supaya pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suasana Imlek Meriah di Tangerang

Sementara itu, perayaan Imlek di Tangerang yang dikenal dengan masyarakat pecinaannya, juga memeriahkan peringatan tersebut dengan berbagai tradisi. Tak terkecuali di berbagai pusat perbelanjaannya yang menyuguhkan tradisi pertunjukan barongsai, Liong hingga bagi-bagi angpau untuk pengunjungnya.

Seperti di Tangcity Mall misalnya, dalam rangka memeriahkan Imlek 2023, dihadirkan beragam acara menarik berbalut suasana kemeriahan tahun Kelinci Air ini dalam Hop-Hop Happiness with Hoki Panda yang dilaksanakan pada 13 Januari hingga 5 Februari 2023.

"Pengunjung bisa melihat pertunjukan Barongsai Around the Mall, juga ada Hoki Panda Live Show, dimana karakter keluarga panda yang lucu dan disukai anak-anak akan menampilkan atraksi tarinya di setiap Sabtu dan Minggu, pk14.00 dan pk17.00," tutur Chief Marcomm & Promotion Tangcity Mall, Kristiner Susilo, Jumat (20/1/2023).

Menurutnya, penampilan Barongsai swlain memang pertunjukan seni, juga tak kalah dengan sejarah kaitan erat dengan suasana Imlek. Barongsai dipercaya oleh masyarakat Tionghoa merupakan simbol pembawa kemakmuran dan keberuntungan, serta pengusir roh jahat.

3 dari 3 halaman

Pertunjukan Barongsai

Sementara, pertunjukan barongsai juga disediakan di Summarecon Mall Serpong. Lion Dance Attraction yang terdiri dari barongsai tonggak, lantai, meja, dan parade, akan hadir setiap akhir pekan di Atrium Forum SMS. Tak ketinggalan juga ada pertunjukan musik tradisional Cina, untuk menghibur para pengunjung.

Lalu di Living World Alam Sutera, pengunjung juga bisa melihat Festival lampion bertajuk "The Biggest Lantern Festival in Indonesia". Pengelola mall menunjukan, ada sekitar 880 lampion beragam rupa dengan ukuran besar, dipamerkan di berbagai area outdoor mal tersebut.

"Festival lampion ini merupakan persembahan istimewa Living World Alam Sutera kepada semua pengunjung di awal tahun 2023. Setelah tiga tahun pandemi, kami berharap melalui kehadiran acara ini yang menampilkan deretan lampion berukuran besar dengan berbagai bentuk dan warna," ungkap Jannywati, Direktur Living World, saat pembukaan festival di Tangerang.

Lampion dari kertas itu dipersiapkan selama empat bulan dan dibagi ke dalam tiga tema, yaitu Fairytale Fantasy, Oriental Fun Fest, dan Jungle Fantasy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.