Sukses

Meski Debat Panas di Medsos, Mahfud Sering Ngopi Bareng Rizal Ramli

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengaku menghindari debat dengan mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli. Sebab, sesuatu yang dipermasalahkan oleh Rizal Ramli di luar dari konteks.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengaku menghindari debat dengan mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli. Sebab, sesuatu yang dipermasalahkan oleh Rizal Ramli di luar dari konteks.

Sebelumnya, Mahfud dan Ramli berdebat melalui akun twitter masing-masing soal penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Cipta Kerja (Ciptaker).

"Enggak (mau debat terbuka), untuk apa Rizal udah inilah, kan sudah (debat) terbuka cuman ditulis (lewat twitter) ya kan?" kata Mahfud, kepada wartawan, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Minggu (8/1).

Mahfud menjelaskan, perdebatan antara dirinya dan Rizal Ramli di media sosial, karena pernyataan yang disampaikan Rizal Ramli sudah keluar dari konteks pembahasan, dan justru menyerang personal.

"Ketika Rizal bilang Mahfud MD itu intelektualnya merosot dan menjadi penjilat itu kan enggak ada hubungannya dengan yang kita diskusikan. Saya bilang kamu yang bodoh dan ngawur kan gitu, kan setara itu," ucapnya.

"Lalu dia bilang Mahfud MD itu menghina pendiri negara karena mengatakan para orang yang masuk ke kekuasaan itu menjadi iblis, dia yang goblok, kapan saya bilang begitu? Di mana sumbernya? Berarti goblok," sambungnya

Meskipun, dirinya menghindari perdebat terbuka, Mahfud mengatakan, jika lebih memilih untuk ngopi bareng Rizal Ramli. Namun, Mahfud tidak menjelaskan apakah akan ada pembahasan soal perdebatan mereka atau tidak.

"Masa saya suruh berdebat sama dia tapi kalau minum kopi dengan dia masih sering, hehehe dan besok saya mau minum kopi lagi begitu," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdebat di Medsos

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menilai bahwa mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli ngawur.

Awalnya, Rizal Ramli membuat cuitan melalui twitter miliknya ihwal pernyataan Mahfud MD yang mengatakan bahwa 'malaikat pun kalau masuk sistem bisa jadi iblis'. Rizal Ramli lantas mengaitkan penyataan itu dengan Perppu Ciptaker.

"Lho ada Malaikat ganti baju jadi iblis hanya karena perbedaan posisi didalam vs diluar pemerintahan doang. Pantes hukum kacau. Kopas:?Mahfud: Kalau Saya Tak Jadi Menteri Juga Akan Kritik Perppu Cipta Kerja," tulis Rizal Ramli di akun twitter @ramlirizal sambil menyertakan link berita berjudul Mahfud: Kalau Saya Tak Jadi Menteri Juga Akan Kritik Perppu Cipta Kerja.

Cuitan itu pun dibalas oleh Mahfud MD, menurutnya Rizal Ramli salah dalam mengartikan, dan justru menyesatkan.

"Ternyata Rizal Ramli ini makin ngawur dan bodoh. Tunjukkan, kapan saya bilang bahwa setiap orang yang masuk kekuasaan menjadi iblis. Gobloklah pernyataan tersebut. Kapan dan dimana saya bilang begitu? Ayo. Saya bilangnya bukan begitu lah tapi begini," kata Mahfud.

Sumber: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,
    Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,

    Mahfud MD

  • Rizal Ramli kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia
    Rizal Ramli kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia

    Rizal Ramli