Sukses

Tekan Angka Pengangguran, Wagub Uu Ajak Warga Gigih Cari Pekerjaan

Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum (Pak Uu) angkat bicara soal tingkat pengganguran di wilayahnya. Ia juga berharap para pencari kerja di Jawa Barat untuk lebih gigih dalam mencari pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum (Pak Uu) angkat bicara soal tingkat pengganguran di wilayahnya. Ia juga berharap para pencari kerja di Jawa Barat untuk lebih gigih dalam mencari pekerjaan.

Data BPS menunjukkan, Jabar tercatat sebagai provinsi dengan jumlah pengangguran terbanyak di Indonesia. Sampai Agustus 2022, di Bumi Pasundan itu tercatat 2,13 juta warga yang tidak bekerja, dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) mencapai 8,31 persen.

“Jawa barat ini masih kurang peluang untuk bekerja padahal kita tahu, paling banyak investasi di Indonesia di Jawa barat, paling banyak pabrik di Jawa Barat, paling tinggi upah se-Indonesia di Jawa Barat, tapi kenapa orang Jawa Barat ini banyak yang nganggur? Seingat kami ya, karena kurang baik mengenai citra ketenagakerjaan,” kata Uu.

Uu berharap para pencari kerja di Jawa Barat untuk lebih gigih dalam mencari pekerjaan dan memanfaatkan peluang yang ada sehingga Jawa Barat tidak lagi menjadi kantong pengangguran di Indonesia.

“Saya minta kepada para pencari kerja cari peluang kapan pun di mana pun ulah waka-waka hayang ageung ayeuna mah (jangan tiba-tiba ingin besar) yang kecil saja dulu bertahap qatratan qatratan katsiiru bahra (sedikit sedikit nantinya jadi banyak) sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi lautan kata pepatah para kiai orang Arab kan seperti itu adanya,” ungkap Uu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Pengangguran

Pertengahan November 2022 lalu BPS merilis daftar daerah dengan pengangguran terbanyak di Indonesia. Sampai Agustus 2022 Jabar berada di urutan pertama dengan 2,13 juta warga menganggur. Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Jabar mencapai 8,31 persen.

Secara keseluruhan BPS mencatat TPT di Indonesia per Agustus 2022 mencapai 5,86 persen. Jika dirinci, ada 8,42 juta pengangguran yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.