Sukses

Memanas, PPP Sebut Koalisi Gerindra-PKB Akan Bubar

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek memprediksi jika koalisi Partai Gerindra dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akan pecah lebih dulu.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek memprediksi jika koalisi Partai Gerindra dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akan pecah lebih dulu.

Diketahui, saat ini koalisi yang telah terbentuk diantaranya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) besutan PAN, PPP dan Partai Golkar. Kemudian, Koalisi Perubahan yaitu Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS. Lalu Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya diinisiasi oleh Partai Gerindra dan PKB.

Hal ini disampaikannya menanggapi pernyataan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang menyebut saat ini semua koalisi masih rawan.

"Ya paling koalisi Cak Imin dengan Gerindra yang bubar," kata Awiek, saat diwawancarai di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (12/12/2022).

Dia menegaskan, KIB merupakan koalisi yang solid. Sehingga, Cak Imin tak perlu mengajak lain untuk bubar seperti pihaknya.

"Ya kalau koalisinya yang mau bubar jangan ngajak orang lain bubar dong," kata Awiek.

Dia menjelaskan, jika dalam KIB nanti akan ada partai politik lain yang segera bergabung dengan mereka.

"Kalau KIB kan sudah dari awal pertama kali sudah membentuk komitmen, dan sudah kita deklarasi. Bahkan pertemuan-pertemuan lanjutan terus kita lakukan," kata Awiek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Cak Imin

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan, partainya terus mematangkan koalisi dengan Gerindra untuk Pilpres 2024. Cak Imin menyebut, PKB tengah merayu partai politik lain untuk bergabung ke koalisi.

"Kita masih terus mematangkan koalisi dengan Gerindra, kita terus bekerja sinergi perjuangan 2024. Sambil terus merayu dan mengajak partai-partai lain," kata Cak Imin ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (12/12/2022).

Menurutnya, koalisi yang terbentuk sekarang masih bersifat dinamis. Cak imin mengatakan, susunan final koalisi akan terlihat usai pendaftaran parpol peserta pemilu 2024 selesai di KPU.

"Semua koalisi sebelum janur melengkung tanggal 25 September ya semuanya masih rawan. Yang disebut koalisi sesunguhnya adalah nanti ketika sama-sama mendaftar ke KPU, sehingga sampai pendaftaran di KPU terakhir pendaftaran maka belum bisa final," tuturnya.

Cak Imin menambahkan, PKB terus berdiskusi dengan Gerindra untuk perhelatan Pilpres 2022. Koalisi Gerindra PKB terus berproses.

"Kita terus berproses, terus diskusi," kata Wakil Ketua DPR RI ini.

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.