Sukses

Kirab Pernikahan Kaesang-Erina: Jokowi Sapa Warga dan Bagikan Kaos dari Atas Kereta Kencana

Kirab kereta kencana prosesi ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono meluncur menuju Pura Mangkunegaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kirab kereta kencana prosesi ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono meluncur menuju Pura Mangkunegaran. Diketahui, rangkaian kereta kencana ini ditarik dengan kuda dan dikawal oleh jajaran Abdi Dalem Keraton Surakarta.

Kirab Kereta Kencana ini digunakan berjalan pukul 08.30 waktu setempat. Kirab ini digunakan sebagai bagian dari prosesi ngunduh mantu Kaesang-Erina.

Pantauan daring, tampak kereta Kaesang dan Erina berjalan beriringan dengan rangkaian di belakangnya, seperti Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana yang duduk bersama cucunya Jan Ethes, kemudian kakak dari Kaesang Gibran Rakabuming dan istri, serta kakak ipar Kaesang, Bobby Nasution dan istri.

Turut terpantau, Ketua MK Anwar Usman yang juga ada dalam rangkaian kereta kencana. Diketahui, Anwar kini sudah menjadi bagian dari keluarga Jokowi.

Tampak wajah bahagia dari semua yang duduk di kereta kencana. Bahkan Jokowi sampai berdiri dan menyapa para warga yang diizinkan melihat langsung prosesi ini dari jarak dekat. Tidak lupa Jokowi juga membagikan kaos seperti saat tengah bertugas sebagai kepala negara.

Presiden Joko Widodo sebagai orangtua dari Kaesang mengatakan kirab kereta kencana ini adalah bagian dari budaya yang dijalankan keluarga besarnya saat pernikahan hari ini adalah bukti bahwa warisan leluhur masih dirawat dengan baik oleh negara.

"Kami ngunduh mantu, sekaligus merawat kebudayaan memelihara kebudayaan karena budaya adalah warisan para leluhur kita," kata Jokowi di Loji Gandrung, Solo kepada awak media sebelum berangkat kirab, seperti dikutip daring, Minggu (11/12/2022).

Jokowi menyatakan, mengenalkan budaya dan adat adalah hal yang wajib dilakukan dan dicintai seluruh warga negara Indonesia.

"Mengenalkan budaya kita adalah wajib, mencintai juga kewajiban kita bersama," Jokowi menutup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Padati Depan Loji Gandrung untuk Saksikan Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina

Ribuan warga tampak memadati depan Loji Gandrung untuk menyaksikan upacara adat ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu 11/12/2022).

Pantauan Liputan6.com, ribuan warga telah berdatangan di depan Loji Gandrung sejak pukul 5.30 WIB. Mereka rela datang lebih awal untuk bisa melihat prosesi ngunduh mantu putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Selain meihat prosesi ngunduh mantu, warga yang hadir di depan Loji Gandrung sekaligus untuk mengisi kegiatan car free day yang digelar setiap Minggu pagi.

Sejumlah petugas TNI dan Polri tampak berjaga ketat di jalan depan Loji Gandrung. Warga hanya boleh berdiri di tengah jalan protokol Slamet Riyadi. Area citywalk depan Loji gandrung steril dan dijaga petugas Paspampresl

Rencananya ritual adat mvunduh mantu digelar sekitar pulul 07.30 WIB. Beberapa menteri tampak sudah hadir seperti Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir serta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.