Sukses

PSI soal Kriteria Sekda DKI Jakarta Definitif: Ideal Ya Seperti Marullah Matali

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta August Hamonangan membeberkan kriteria Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta definitif. 

Dia menilai, putra asli Betawi patut dipilih, kendati tak ada peraturan tertulis, kandidat Sekda DKI Jakarta harus orang Betawi.

Sebelumnya, pada saat ini, pendaftaran seleksi Sekda DKI Jakarta pengganti Marullah Matali masih dalam proses.

"Memang tidak ada aturan tertulis bahwasanya kandidat Sekda Provinsi harus orang Betawi, tapi kita kan tetap menjunjung hukum positif maupun kearifan lokal yang sepakat untuk diterapkan," kata August kepada wartawan, dikutip Jumat (9/12/2022).

"Kalau memang ada putra daerah/Betawi terbaik dan mampu mengayomi warga DKI Jakarta, ya alangkah bijaksananya itu yang dipilih," lanjut dia.

Selain itu, kata dia, sosok calon Sekda DKI Jakarta definitif juga harus toleran terhadap suku, agama, dan ras.

Oleh karena itu, dia menilai sosok ideal Sekda DKI definitif itu seperti Marullah Matali.

"Sosok Sekda DKI yang ideal ya seperti yang dimiliki oleh Sekda sebelumnya bang Marullah Matali," kata August.

Pasalnya, sambung dia, Marullah sosok pekerja keras dan menjadi panutan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Tak kalah penting, dia harus yang berpengalaman dan memahami persoalan Ibu Kota.

"Toleran terhadap semua suku, agama dan ras, ulet, pekerja keras, panutan bagi ASN lainnya serta yang tidak kalah penting berpengalaman dan memahami kompleksitas masalah lingkungan dan kebutuhan warga DKI Jakarta," tutur August.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Masih Persiapan

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Maria Qibtya menyebut proses pendaftaran posisi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI masih dalam persiapan.

Maria ikut meluruskan pernyataan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang sebelumnya mengatakan proses pendaftaran posisi Sekda definitif dimulai pada 7 Desember 2022.

"Bukan keliru, tapi dalam persiapan," kata Maria kepada wartawan, Kamis 8 Desember 2022.

Maria memastikan bila pendaftaran seleksi Sekda DKI Jakarta pengganti Marullah Matali yang saat ini jadi Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata tersebut belum diumumkan.

Sayangnya dia belum dapat menyebutkan dengan pasti kapan pendaftaran akan dibuka. Pasalnya, Sekda DKI definitif bakal ditentukan melalui proses lelang jabatan yang bersifat terbuka atau open bidding.

"Kalau ada akan diumumkan secara terbuka. Jadi ditunggu saja karena kami sedang mempersiapkan administrasinya," lanjutnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS