Sukses

Sekjen Gerindra: Geliat UMKM Akan Menentukan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, peran UMKM sangat penting bagi perekonomian negara.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, peran UMKM sangat penting bagi perekonomian negara.

Karena itu, pemberdayaan bagi penguasaha kecil dan menengah itu harus terus diberi perhatian, terlebih bagi pemimpin bangsa di masa mendatang.

Hal ini disampaikannya saat beraudensi dengan ratusan pegiat UMKM Cibaduyut di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022).

"Menhan Pak Prabowo Subianto mengatakan, memberi penguatan terhadap ekonomi rakyat harus menjadi cara pandang kita semua. Sebab, rakyat adalah tulang punggung negara dan sektor itu tercermin dari UMKM. Karena itu geliat UMKM akan menentukan bagi pertumbuhan perekonomian nasional," kata Muzani.

Menurut dia, tak boleh ada bosan dan lelah dalam menggiatkan perekonomian rakyat.

"Karena ini tanggung jawab kita memakmurkan kehidupan rakyat. Sebagai pemimpin komitmen itu harus terus ditegakkan. Tetap memakmurkan rakyat meskipun kita tahu besok akan kiamat," ungkap Muzani.

Dia berharap agar yang kerja tetap bisa berjalan, yang dagang tetap jualan, petani pun bisa tetap ke sawah. Karena itu, komitmen ini harus menjadi dasar berpikir setiap pemimpin.

Muzani menuturkan, pemimpin jangan hanya mencapai dengan konten viral yang hanya dimaksudkan untuk pencitraan. Ketulusan dan keikhlasan inilah yang diperlukan dalam tindakan dan keputusan para pemimpin.

"Kita tidak boleh menodai ketulusan dengan niat yang lain. Karena rakyat dan para pelaku UMKM untuk bisa pulih akibat Covid-19 yang diperlukan adalah sentuhan ketulusan, bukan pencitraan, termasuk UMKM Cibaduyut. Jadi tidak ada kaitannya dengan survei yang rendah atau tinggi, biar rakyat yang menilai," jelas Wakil Ketua MPR itu.

"Karena itu sekali lagi, Pak Prabowo mengingatkan saya, dalam mewujudkan kemakmuran rakyat tidak boleh terperangkan pencitraan, meskipun kita tahu besok akan kiamat," tambahnya.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Pulih

Pandemi Covid-19 memberi dampak buruk terhadap sektor UMKM di seluruh Indonesia, termasuk UMKM Cibaduyut. Namun, kata Muzani, kita bersyukur karena sekarang sudah mulai pulih meskipun belum secara keseluruhan.

"Penguatan UMKM yang dilakukan semua pihak sudah berada di jalan yang benar. Tapi yang perlu dilakukan UMKM sekarang adalah inovasi. Jika sebelumnya Ibu Bapak hanya berjualan offline, maka mulai sekarang harus mulai berjualan online," papar dia.

Selain Muzani, Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Gerindra, Sodik Mujahid turut mengisi acara tersebut. Sodik mengatakan, Prabowo Subianto memiliki komitmen kuat untuk mensejahterakan sektor UMKM.

"Ibu Bapak sekalian, apakah Ibu Bapak siap untuk mendukung Pak Prabowo agar sektor UMKM kedepan bisa terjamin kesejahteraan dan kemakmurannya?," tanya Sodik.

"Siap, kami bersedia mendukung Pak Prabowo," jawab hadirin UMKM yang hadir di lokasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.