Sukses

Potensi Perwosi Luar Biasa Besar, Tri Tito Karnavian Harapkan Pemda Beri Dukungan

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) menurut Ketua Umum PP PERWOSI, Tri Tito Karnavian merupakan salah satu motivator atau penggerak kegiatan kemasyarakatan di bidang olahraga. Oleh karena itu, ia berharap kegiatan Perwosi dapat disupport dan diutamakan oleh Pemerintah Daerah atau Pemerintah Provinsi.

Pasalnya, di daerah masih kesulitan dalam mendapatkan darah organisasi yaitu anggaran, sehingga dalam menjalankan program menjadi terkendala.

"Kegiatan Perwosi tidak lepas dari penganggaran pemerintah provinsi. Potensi Perwosi sangat luar biasa, pengurus-pengurus Perwosi dalam menggerakkan olahraga bagi keluarga di masyarakat hingga tingkat desa. Kalau di PKK itu ada Dasawisma, dimana ada kelompok yang terdiri dari 11 sampai 20 rumah. Pun demikian dengan Perwosi," ujar Tri Tito Karnavian saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Atlet, Century, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Lebih lanjut istri Menteri Dalam Negeri tersebut menambahkan, kegiatan-kegiatan di daerah sangat membanggakan. Saat pandemi Covid-19, Perwosi banyak membantu masyarakat dalam kegiatan yang menunjang kesehatan masyarakat.

"Tahun ini adalah tahun ketiga masa pandemi yang telah berhasil kita lalui. Bukan periode yang mudah, tetapi kita berhasil menunjukkan resiliensi atau ketangguhan kita menghadapi krisis kesehatan," lanjut Tri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Wanita Penentu Kesehatan Keluarga

Tri menambahkan, wanita di keluarga merupakan penentu kesehatan keluarga. Dalam rumah tangga umumnya wanita sebagai manajer lapangan, walaupun direkturnya bapak-bapak, tapi yang mengurus kegiatan sehari-hari mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

"Karena itu kegiatan Perwosi ini visi misinya adalah memasyarakatkan olahraga di kalangan keluarga, wanita dan anak-anak," urai Tri.

Dijelaskan oleh Tri, Wanita, sebagai pilar kehidupan keluarga dan masyarakat memiliki arti yang sangat penting dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan kuat.

"Wanita yang aktif dan produktif adalah pondasi penting membangun keluarga yang tangguh," imbuh Tri yang juga Ketum TP PKK.

Kesadaran wanita akan usaha membangun kesehatan melalui olahraga, menurut Tri, akan sangat berpengaruh pada terwujudnya kesadaran pentingnya kesehatan dan olahraga untuk masyarakat yang lebih luas.

"PERWOSI memiliki tugas dan mandat untuk mendorong upaya terciptanya masyarakat yang sehat dengan mewujudkan wanita segala usia yang mencintai olahraga baik bagi dirinya sendiri maupun keluarga," tambah Tri.

3 dari 3 halaman

Olahraga dan Kesehatan Modal Bagi Indonesia Maju

Mengusung tema Rakernas 2022, "Keluarga Sehat dan Kuat Bersama Perwosi Menuju Indonesia Maju", Perwosi merancang sejumlah kegiatan untuk tahun 2024 ini. Dimana Perwosi terus mengedepankan upaya untuk menjadikan olahraga menjadi kebiasaan masyarakat luas.

"Besarnya kesadaran masyarakat akan olahraga dan kesehatan, adalah modal besar bagi Indonesia maju. Terima kasih kepada Ketua Umum KONI Pusat, Bapak Letjen (Purn) Marciano Norman beserta seluruh pengurus atas segala dukungannya terhadap PERWOSI selama ini. Akhir kata, selamat mengikuti Rakernas PERWOSI TAHUN 2022, semoga semua kegiatan kita di tahun mendatang membawa bermanfaat," tandas Tri.

Hadir dalam Rakernas Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen (Purn) Marciano Norman dan seluruh Ketua Perwosi daerah serta para peninjau yang mendampinginya. Dalam Rakernas PERWOSI Tahun 2022 ini dipaparkan Laporan Kegiatan PP PERWOSI Tahun 2021-2022 dan Pemaparan Program Kerja PP PERWOSI Tahun 2023.

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS