Sukses

Jokowi Sebut Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara Naik, Pengamat: Hilirisasi Berjalan

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut pertumbuhan ekonomi Maluku Utara tertinggi di dunia karena mampu tumbuh hingga 27 persen tahun ini.

Pengamat Ekonomi Unika Atma Jaya Rosdiana Sijabat menyebut pertumbuhan ini akibat hilirisasi yang berjalan baik.

"Apakah ini ada kaitannya dengan hilirisasi nikel? ya tentu saja, ada juga kaitannya misalkan kalau kita lihat misalkan sektor-sektor produk komoditas kalau kita lihat dari sisi investasi juga relatif tinggi sehingga wilayah-wilayah seperti Maluku Utara, Sulawesi, Papua seperti itu mendapatkan keuntungan," kata dia, Kamis (1/12/2022).

Rosdiana melihat faktor pendorong pertumbuhan ekonomi daerah Maluku adalah berasal dari kebijakan penerapan hilirisasi bahan mentah dari dalam negeri.

"Memang di masa sekarang ini ada sektor-sektor yang potensial yang menjadi pendorong pertumbuhan itu di antaranya adalah hilirisasi sektor dalam konteks manufaktur dari produk-produk pertambangan produk yang banyak dibutuhkan di pasar internasional seperti ini nikel, bauksit kemudian sektor-sektor yang lainnya," kata dia.

Meski demikian, semuanya harus tetap hati-hati. Pasalnya ancaman resesi global bisa saja mempengaruhi.

"Tentu kita selalu mewaspadai adanya pelemahan-pelemahan kinerja ekonomi secara global tadi," kata Rosdiana.

 

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut pertumbuhan ekonomi Maluku Utara tertinggi di dunia karena mampu tumbuh hingga 27 persen tahun ini. Tingginya pertumbuhan tersebut karena disokong industri hilirisasi dan mulai beroperasi berbagai smelter-smelter.

"Perekonomian Maluku Utara ini tertinggi di dunia. Gak percaya? Cek! Ini karena ada hilirisasi, ada industri smelter," ungkap Jokowi dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan ekonomi Maluku Utara memang sempat tumbuh 27,74 persen pada kuartal II tahun ini. Namun di kuartal III mengalami penurunan menjadi 24,85 persen.

Masih dari sumber yang sama pertumbuhan ekonomi Maluku Utara di kuartal I-2022 tercatat 28,33 persen. Sehingga secara kumulatif sampai kuartal III, ekonomi di Maluku Utara sudah tumbuh 26,94 persen.

Orang nomor 1 di Indonesia optimis ekonomi Maluku Utara bakal makin moncer lagi jika industri hilirisasi sumber daya alam (SDA) di Maluku Utara ini sudah berjalan optimal.

"Ini bisa tumbuh lagi kalau smelter dari produk turunan nikel bisa dikerjakan (di sana)," kata dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS