Sukses

Kominfo Beri Tips Branding di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi telah melakukan literasi digital kepada lebih dari 14,6 juta orang.

Dalam perjalanannya Program #MakinCakapDigital sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 yang lalu, berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan 4 (empat) pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital.

Terakhir, Kemenkominfo bersama siberkreasi telah menyelenggarakan kegiatan webinar untuk kelompok masyarakat/komunitas di wilayah Sumatera di bulan November ini dengan tema “Tips Digital: Branding di Sosial Media”, Senin (21/11/2022). Webinar tersebut dihadiri lebih dari 1.300 orang, menghadirkan Fajria Fatmasari, Kepala Inkubator Bisnis Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital; Pradipta Nugrahanto, CEO & Co-founder Paberik Soeara Rakjat; serta Tio Prasetyo, Chief Business Officer Paberik Soeara Rakjat, sebagai narasumber.

Dalam webinar tersebut, Fajria Fatmasari membahas mengenai tips branding di sosial media ditinjau dari perspektif kecakapan digital.

“Tiga tips sederhana yang dapat dilakukan untuk branding di sosial media. Pertama, temukan sosial media yang sesuai dengan target audiens Anda. Kedua, tampilkan informasi yang akurat dan lengkap di sosial media Anda. Ke tiga, konsisten posting dengan konten yang mendukung branding persona Anda," papar Fajria Fatmasari.

Tio Prasetyo memperkaya pembahasan mengenai tips branding di sosial media dari perspektif etis digital.

“Tiga etika dasar yang wajib diketahui dalam membangun branding di sosial media. Pertama, tidak melakukan distribusi informasi hoax. Kedua, selalu produksi konten yang bermanfaat. Terakhir, tidak memberikan informasi palsu kepada audiens Anda," ujar Tio Prasetyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pilar Aman Digital

Pradipta Nugrahanto melengkapi pembahasan mengenai tips branding di sosial media ditinjau dari perspektif pilar aman digital.

“Tiga tips sederhana yang dapat kita lakukan dalam melindungi akun sosial media dari kejahatan digital. Pertama, tidak sembarangan membuka link atau web yang bukan dari sumber yang terpercaya. Kedua, selalu menggunakan watermark setiap kali memposting konten ke ruang digital. Terakhir, selalu membaca dengan baik setiap kali ada notifikasi jangan asal ya atau terima saja," papar Pradipta Nugrahanto.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS