Sukses

Top 3 News: Begini Kondisi Gunung Semeru Saat Kembali Erupsi

Liputan6.com, Jakarta Gunung Semeru kembali muntahkan lava pijar pada Rabu sore kemarin, 9 November 2022. Saat terjadi erupsi, kolom abu dengan intensitas tebal teramati ± 1.500 meter di atas puncak atau ± 5176 meter di atas permukaan laut.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Sumeru Mukdas Sofian mengatakan erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 0 detik.

Melihat kondisi tersebut, warga setempat dan wisatawan diimbau untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 5 km dari puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar.

Berita terpopuler di top 3 news kedua, masih terkait agenda pemeriksaan saksi di sidang kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. 

Ada momen menarik saat majelis hakim tengah menggali keterangan dari Diryanto alias Kodir, salah satu dari Asisten Rumah Tangga (ART) Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

Kodir mengatakan bahwa ART dan para ajudan dari mantan Kadiv Propam tersebut tergabung dalam grup WhatsApp ABS, singkatan dari Anak Buah Sambo.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyatakan bahwa dirinya tidak akan hadir dalam HUT ke-11 Partasi NasDem yang akan digelar di JCC Senayan, pada Jumat, 11 November 2022.

Hal ini dikarenakan, Jokowi akan menghadiri sejumlah agenda kegiatan hingga KTT G20 yang akan dilaksanakan pada 15-16 November di Bali. Meski absen, Jokowi dikatakan akan memberikan sambutannya lewat video. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu, 9 November 2022:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Gunung Semeru Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 5.176 Mdpl

Gunung Api Semeru, Jawa Timur kembali erupsi. Erupsi itu terjadi sekitar pukul 15.50 WIB pada hari ini Rabu (9/11/2022).

"Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Rabu, 9 November 2022, pukul 15.50 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.500 meter di atas puncak atau ± 5176 meter di atas permukaan laut (Mdpl)," demikian dikutip dari laporan yang dibuat Mukdas Sofian, Rabu (9/11/2022). 

Mukdas menyebut, kolom abu terlihat berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah Timur Laut. Erupsi Semeru ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 0 detik.

Dengan erupsinya Gunung Semeru, Mukdas menyarankan agar masyarakat sekitar gunung tidak melakukan aktivitas apa pun di sektor Tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak atau pusat erupsi.

"Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (Sempadan Sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak," kata dia.

Dia juga meminta masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah atau puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. ART dan Ajudan Ferdy Sambo Punya Grup WhatsApp ABS, Kepanjangannya Bikin Ketawa

Asisten Rumah Tangga (ART) Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi bernama Diryanto alias Kodir mengaku memiliki grup WhatsApp sebagai wadah komunikasi antara para ajudan dan ART. Nama Grupnya adalah ABS.

Hal itu diungkapkan Kodir saat dihadirkan sebagai saksi dalam sidang lanjutan perkara pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di PN Jaksel, Selasa (8/11/2022).

Jaksa melemparkan pertanyaan seputar grup WhatsApp yang dimiliki Ajudan dan ART. "Ada tidak dibuatkan grup di WA untuk ART dan ADC (ajudan) Ferdy Sambo?" tanya Jaksa.

"Ada pak," ujar Kodir.

"Yang buatkan siapa?" tanya lagi jaksa.

"Saya lupa," kata Kodir.

Kodir mengaku kurang memahami admin maupun pembuat grup WhatsApp. Nama grup dibeberkan ABS.

"Yang masuk itu siapa? Nama grup WhatsApp?" tanya lagi jaksa.

"Kalau tidak salah ABS," jawab Kodir.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. NasDem Akan Rayakan HUT ke-11, Jokowi Tak Hadir

Partai NasDem berencana menggelar rangkaian HUT ke-11 di JCC Senayan, pada tanggal 11 November 2022.

Adapun disebut bakal calon presiden yang diusung partai besutan Surya Paloh itu, Anies Baswedan akan menyampaikan pidatonya.

"Insyaallah (Anies sampaikan pidato)," kata Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali lewat pesan singkat kepada Merdeka.com, Rabu (9/11/2022).

Dia mengungkapkan, dalam HUT nanti para relawan Anies akan berkumpul di kantor DPW NasDem yang tersambung secara virtual.

"Konsepnya adalah seluruh DPW NasDem se-Indonesia bersama relawan Anies kumpul di DPW dan bersambung secara Zoom dengan JCC untuk tumpengan bersama," kata Ali.

Di sisi lain, Ali mengungkapkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak hadir dalam HUT NasDem kali ini. Hal ini lantaran ada sejumlah agenda KTT G20 di Bali.

 

Selengkapnya...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS