Sukses

Intip Persiapan Forum R20 di Nusa Dua Bali yang Resmi Dimulai

Religion of Tenty atau R20 resmi dimulai hari ini, Rabu (2/11/2022) di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua Bali.

Liputan6.com, Jakarta Religion of Tenty atau R20 resmi dimulai hari ini, Rabu (2/11/2022) di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua Bali.

Pantauan di lokasi pukul 08.00 waktu setempat, persiapan peserta sudah tampak mulai dari meja registrasi. Sejumlah delegasi dan perwakilan pemuka agama dari pelbagai belahan dunia sudah hadir. Mereka langsung masuk ke ballroom utama dengan melalui pengecekan x-ray terlebih dahulu.

Mengutip jadwal yang diperoleh Liputan6.com, R20 akan dibuka oleh Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama K.H Miftachul Akhyar pada pukul 09.00 WIB.

Setelah itu, Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Abdul Karim Al-Issa dari Arab Saudi juga akan memberikan pidato pembukaanya.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi nantinya juga akan dijadwalkan memberikan pidatonya melalui siaran video. Usai presiden memberikan pidato, acara akan mulai memasuki acara inti.

Forum R20 digelar dengan maksud untuk menjembatani konsep dialog tradisional antar agama yang berlangsung selama beberapa dekade dengan hasil dan tujuan yang dinilai konkrit.

Harapannya, dalam dialog yang berlangsung selama 2-3 November 2022 di Nusa Dua Bali ini, Indonesia dapat memberi solusi dalam membangun hubungan antar manusia dan hal yang bersinggungan baik Timur dan Barat dapat terwujud.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencegah Konsep yang Salah

Selain itu, Forum R20 juga dilaksanakan dalam rangka untuk mencegah konsep atau inisiatif yang salah atau mencurigakan, ataupun yang menyebabkan bentrokan antara peradaban dan budaya.

R20 akan diisi oleh sejumlah peserta dari berbagai negara. Total, ada 464 orang dan 170 di antaranya dari luar negeri yang berasal dari lima benua.

Para pemimpin agama, sekte, dan aliran kepercayaan ini akan berdiskusi bagaimana agama efektif berkontribusi bagi perbaikan ekonomi-politik global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.