Sukses

JK Telepon Sri Mulyani: Jangan Takuti Masyarakat soal Krisis Ekonomi

Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK), mengakui bahwa dirinya menelepon Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani agar tidak menakut-nakuti masyarakat perihal adanya ancaman krisis ekonomi pada 2023 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK), mengakui bahwa dirinya menelepon Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani agar tidak menakut-nakuti masyarakat perihal adanya ancaman krisis ekonomi pada 2023 mendatang.

"Saya bilang pada Sri Mulyani jangan takut-takuti orang tahun depan akan kiamat. Saya telepon jangan begitu, jangan kasih takut semua orang," kata JK dalam acara HUT ke-70 Kalla Group di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (28/10).

Sebab, menurut dia, krisis yang melanda sebuah negara tidak hanya membawa masalah belaka, namun di sisi lain ada pula yang membawa manfaat.

"Krisis itu ada yang (membawa) masalah, ada yang bermanfaat," ucapnya.

Dia pun menyampaikan, bahwa Indonesia merupakan negara yang luas, sehingga belum tentu semua wilayah akan diterpa krisis yang sama.

Jusuf Kalla mengimbau agar pemerintah lebih optimistis menghadapi ancaman krisis yang terjadi, bukan justru menakuti masyarakat.

"Ini negeri luas tidak semuanya (krisis), kalau ada masalah, hadapi, kita jangan takut," tegas JK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Krisis

Lebih lanjut, dia mengatakan, Indonesia belum tidak mengalami krisis energi dan pangan sebagaimana yang dialami negara lain. Karena, Indonesia merupakan negara kaya yang memiliki banyak komoditas.

"Beda kita dengan negara lain yang enggak punya energi. Jadi kita harus optimis, ada masalah hadapi," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Prospek 'Gelap'

Diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, prospek ekonomi global yang diprediksi 'gelap' oleh Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) bukan menakut-nakuti. Namun, itu bentuk suatu kewaspadaan.

Menkeu menyebut, tahun depan Indonesia diperkirakan masih bisa menjaga pertumbuhan ekonomi. Namun, di sisi lain tekanan akan muncul bertubi-tubi karena seperti apa yang disampaikan IMF bahwa tahun 2023 akan gelap.

"Itu yang disebutkan gelap, kalau saya mengatakan begitu saya dianggap menakut-nakuti, tapi sebetulnya enggak, hanya ingin menyampaikan bahwa risiko itu sangat ada dan oleh karena itu kita harus waspada," kata Menkeu dalam Leaders Talk Series #2 dengan tema ‘Indonesia Energy Investment Landscape’, Rabu (26/10).

Sumber: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
    Sri Mulyani Indrawati kini menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Kerja.

    Sri Mulyani