Sukses

Jokowi Luncurkan Vaksin Indovac: Enggak Pernah Bersuara, Tahu-Tahu Jadi!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji kinerja BUMN, PT Biofarma, yang berhasil melahirkan vaksin Covid-19 produksi dalam negeri. Diketahui, dalam pengerjaannya mulai dari hulu ke hilir, semua dikerjakan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji kinerja BUMN, PT Biofarma, yang berhasil melahirkan vaksin Covid-19 produksi dalam negeri. Diketahui, dalam pengerjaannya mulai dari hulu ke hilir, semua dikerjakan di Indonesia.

“Mulai hari ini kita bisa memproduksi vaksin covid sendiri. Saya kira sebuah kerja keras SDM-SDM muda kita dalam menggarap sebuah vaksin baru dari hulu ke hilir,” kata Jokowi saat peresmian Vaksin Indovac di Bandung, seperti dikutip dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (13/10/2022).

Jokowi juga memuji proses 1,5 tahun kelahiran Indovac yang tidak membutuhkan banyak suara. Menurut Jokowi, kerja dalam diam PT Biofarma perlu mendapat apresiasi.

“Indovac (selama) 1,5 tahun juga diam, enggak pernah bersuara, tahu-tahu jadi! Pak Menteri BUMN, Pak Menteri Kesehatan, dorong terus Biofarma sehingga nanti akan betul menghasilkan revenue yang semakin besar bagi negara,” harap Jokowi.

Jokowi menyebut, Biofarma memiliki rekam jejak unggul dalam memproduksi 3 miliar dosis vaksin dan diekspor ke 153 negara. Biofarma termasuk produsen vaksin yang masuk dalam lima besar kategori produsen bermacam vaksin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produksi

Nantinya, untuk Indovac, Biofarma juga mengaku siap melakukan produksi hingga 20 juta dosis di tahun pertama dan bertambah di tahun-tahun berikutnya jika dibutuhkan hingga 120 juta dosis.

“Mulai hari ini kita bisa memproduksi vaksin covid sendiri dengan kapasitas di tahun ini 20 juta dosis, di tahun depan 40 juta dan kalau pasar masih memerlukan bisa mencapai 120 juta dosis vaksin,” Jokowi menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Indovac