Sukses

Pelukan Haru Warga ke Anies Baswedan Jelang Peresmian Kampung Bayam Dekat JIS

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Bayam di Kawasan Olahraga Terpadu, Jakarta Internasional Stadium (JIS), Papanggo, Jakarta Utara, Rabu (12/10/2022).

Anies tiba di lokasi pada pukul 18.00 WIB. Saat tiba di lokasi, Anies menuju lahan kecil tempat warga menanam sayur seperti kangkung dan bayam.

Di sana terjadi momen haru antara Anies dengan seorang warga lanjut usia. Warga paruh baya itu meengenakan baju kaos serta peci hitam. Di pundaknya terlilit kain berwarna merah.

Pantauan Liputan6.com, pria itu awalnya menyambut Anies dengan ceria. Saat Anies mendekat , ia terlihat berkaca-kaca hendak menangis sambil berucap terima kasih kepada Anies.

Sembari berterima kasih itu, dia nampak menjabat tangan Anies erat-erat dan memeluknya.

Hadir bersama Anies sang istri Fery Farhati, menantunya Ali Alhuraiby, jajaran Pemprov DKI hingga direksi PT Jakarta Propertindo (JakPro).

Sebelum meresmikan hunian Kampung Susun Bayam, Anies terlebih dahulu menunaikan ibadah salat magrib berjamaah bersama warga.

Usai melangsungkan salat magrib, Anies menyempatkan diri sebentar bermain sepak bola bersama anak-anak di area lapangan sepak bola yang terletak di samping Kampung Susun.

Dalam meresmikan Kampung Bayam, Anies menyebut warga yang tinggal di sekitar harus menjadi bagian dari kamajuan JIS.  Dia mengatakan bahwa Pemprov DKI punya tujuan yang jelas dalam membangun Kampung Bayam ini. Anies berujar ingin memberikan warga yang tinggal di sekitaran JIS kesempatan bertumbuh bersama bukan malah mengusir warga saat JIS dibangun.

"Tujuan kita jelas, misinya jelas bahwa kita ingin membangun sambil memberikan kesempatan pada yang ada di situ untuk bisa ikut tumbuh," kata dia.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Berkeadilan Sosial

Anies berharap Kampung Susun Bayam dapat menjadi contoh pembangunan yang baik dengan melibatkan masyarakat. Anies menilai keadilan sosial harus diutamakan dalam pembangunan.

"Dan ini mudah-mudahan nanti jadi contoh bahwa ketika kita melakukan pembangunan, maka libatkan semua yang ada bukan ambil cara mudah simpel tapi tidak mencerminkan keadilan sosial," jelas dia.

Sementara Direktur SDM dan Umum PT Jakarta Propertindo (JakPro) Muhammad Taufiqurrachman menambahkan, secara letak Kampung Susun Bayam diklaim strategis dan ikonik. Pasalnya, terdapat sejumlah akses transportasi serta fasilitas publik yang lengkap.

"Secara letak, kampung ini merupakan salah satu yang paling strategis dan ikonik di Jakarta didukung dengan akses transportasi dan fasilitas publik yang telah disediakan oleh Pemprov DKI," terang dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS