Sukses

Perjuangkan Kesetaraan Gender, Co-Chair G20 Empower Raih CEO Achievement Award 2022

Anugerah itu diberikan pada malam penganugerahan CEO Achievement Award dan The Young Inspiration Award 2022 di pelataran Candi Prambanan.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri sekaligus Chief Operating Officer/COO PT Infinitie Berkah Energi, Rinawati Prihatiningsih, menjadi salah satu penerima penghargaan sebagai perempuan yang aktif memperjuangkan kesetaraan gender dengan fokus pemberdayaan ekonomi perempuan melalui mendorong partisipasi perempuan di dunia kerja dan dunia usaha.

Anugerah itu diberikan pada malam penganugerahan CEO Achievement Award dan The Young Inspiration Award 2022 di pelataran Candi Prambanan.

Dia dinilai berkontribusi sebagai agen perubahan dalam memperjuangkan hak-hak keterwakilan ekonomi perempuan dan menyuarakannya dalam berbagai forum nasional dan global. Dia didapuk oleh pemerintah sebagai Co-Chair G20 EMPOWER dari awal dibentuk G20 EMPOWER dimulai dari G20 Presidensi Saudi Arabia 2020, G20 Presidensi Italia berlanjut di G20 Presidensi Indonesia 2022.

"G20 EMPOWER adalah satu-satunya di G20 yang merupakan aliansi menyatukan sektor swasta dan pemerintah untuk mencari solusi yang dapat ditindaklanjuti, serta untuk melacak dan mengukur kemajuan dalam memajukan pemberdayaan dan kepemimpinan ekonomi perempuan, sejalan dengan Brisbane Goal dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," tutur dia dalam keterangannya, Jumat (7/10/2022).

Di bawah Kepresidenan Indonesia, G20 EMPOWER selain memperkuat kolaborasi sektor swasta dan pemerintah untuk mendukung para perempuan pelaku UMKM sebagai inti pemulihan ekonomi juga menyuarakan kepada Pimpinan G20.

Selain itu, juga mendorong aksi akselerasi pemberdayaan dan akses keterwakilan ekonomi perempuan untuk menutup kesenjangan gender dengan memperkuat akuntabilitas implementasi G20 Empower KPI, serta menyusun strategi membangun ketahanan digital dan ketrampilan masa depan bagi perempuan.

“Terima kasih kepada CEO Business Forum dan Yayasan Duta Indonesia Maju serta para Kurator atas penghargaan ini, penghargaan ini bukan hanya untuk saya, namun saya persembahkan untuk Perempuan Indonesia agar terus maju, mengejar ketertinggalan dan ajakan untuk semua, para laki-laki dan perempuan turut menjadi agen perubahaan yang mempunyai komitmen menempatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan ekonomi perempuan sebagai inti dalam upaya pemulihan inklusif dan pembangunan berkelanjutan,” tutur Rina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi untuk Pimpinan Perusahaan

Sementara, Penganugerahan yang digagas Yayasan Duta Indonesia Maju (YDIM) dan CEO Bussiness Forum Indonesia tersebut, digelar sebagai bagian dari apresiasi kepada para pimpinan perusahaan berkinerja terbaik, inovatif, menginspirasi dan mampu melewati krisis pandemi Covid-19. Adapun para Kuratornya diantaranya adalah Prof. Wiendu Nuryanti, Prof. Rhenald Kasali, Don Bosco Selamun, Rima Agristina.

Jahja B. Soenarjo, Ketua Umum CEO Busines Forum Indonesia menuturkan, penerima CEO Achievement Award 2022 adalah mereka yang memiliki merek-merek mendunia, sekaligus menembus pasar global.

Dia pun percaya para CEO di ajang ini merupakan sosok-sosok terpilih yang sanggup menghadapi krisis, memiliki kredibilitas, dan jauh dari perilaku negatif seperti korupsi.

“Kita harus menjaga karakter yang baik dan berprestasi dalam bisnis,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.