Sukses

Antisipasi Banjir Jakarta, BPBD DKI Siagakan 820 Pompa

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyiagakan total 820 pompa di wilayah DKI Jakarta. Pompa ini disiagakan guna mengantisipasi ancaman hujan deras yang berpotensi banjir.

"(Hal ini merespons) banjir yang melanda pada Selasa kemarin, kejadian ini terjadi setelah hujan deras mengguyur dan menyebabkan luapan di beberapa kali sehingga menggenangi wilayah pemukiman dan jalan," tulis siaran pers dari BPBD DKI seperti dikutip Liputan6.com, Kamis (6/10/2022).

BPBD DKI mencatat, pada peristiwa yang terjadi beberapa waktu lalu, sedikitnya 18 Kelurahan terdampak di Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Selain itu, banjir dengan ketinggian setinggi 120 sentimeter itu berdampak pada 41 KK/177 jiwa.

"Sebagai respons cepat, BPBD DKI Jakarta segera berkoordinasi dengan instansi terkait guna penanganan darurat seperti Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat dan pemerintah daerah untuk melakukan penyedotan genangan," jelas siaran pers ini.

BPBD DKI merinci, terdapat dua jenis pompa yang dikerahkan yakni stasioner dan mobile. Pompa stasioner akan tersebar di sejumlah titik banjir Jakarta di antaranya 46 pompa di Jakarta Barat, 87 Pompa di wilayah Jakarta Selatan, 40 Pompa di Jakarta Timur, 95 Pompa di Jakarta Pusat, dan 95 Pompa di Jakarta Utara.

Kemudian, Pompa mobile dikerahkan di sejumlah titik diantaranya 116 Pompa di Jakarta Barat, 75 Pompa di Jakarta Selatan, 93 Pompa di Jakarta Timur, 64 Pompa di Jakarta Pusat dan 109 Pompa di Jakarta Utara.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Prediksi Hujan Sampai Jumat

"Hasil kaji cepat sementara, banjir sudah mulai berangsur surut di beberapa ruas jalan utama, namun masih terpantau terdapat genangan di sejumlah lokasi. Distribusi logistik juga telah disalurkan sebagai pemenuhan kebutuhan dasar para warga terdampak," urai BPBD Jakarta.

Sebagai informasi, merujuk informasi prakiraan cuaca BMKG hingga Jumat (7/10) wilayah DKI Jakarta berpotensi hujan ringan hingga sedang disertai petir. Sebagai antisipasi dan mencegah terjadinya banjir susulan, BNPB mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat dapat melakukan segala upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.