Sukses

Sensasi Menjajal Sea Walker, Wahana Bawah Laut Tanjung Benoa Bali

Liputan6.com, Jakarta - Bali, terkenal dengan ragam wisata yang mampu memanjakkan mata dan hati apabila berkunjung ke wilayah tersebut. Tak hanya keindahan lanskap daratan, Bali juga memiliki segudang wisata bahari yang pastinya dapat membuat wisatawan semakin jatuh hati terhadap keindahan pulau Dewata ini.

Salah satu wisata bahari yang patut dicoba yaitu wahana Sea Walker atau jalan di bawah laut. Wahana tersebut khusus diperuntukan bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan pemandangan bawah laut.

Liputan6.com berkesempatan untuk berkunjung ke Bali bersama Traveloka dan mencoba wahana Sea Walker yang berada di kawasan Tanjung Benoa, Bali. Lokasi tersebut dapat ditempuh melalui perjalanan darat dengan waktu tempuh hanya sekitar 30 menit dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

Dalam aktivitas Sea Walker atau berjalan di bawah laut pastinya wisatawan akan disuguhkan dengan sensasi yang berbeda dengan berjalan di daratan. Wisatawan akan menggunakan helm berkaca bening yang dilengkapi dengan saluran oksigen murni untuk pernapasan selama mencoba wahana tersebut.

Selama berada di bawah laut, wisatawan dapat menikmati pemandangan bawah laut yang indah, dan dikelilingi oleh sejumlah terumbu karang yang tersusun rapih dengan ikan-ikan kecil yang berwara-wiri di sekitar kawasan.

Selain itu, kita diperkenankan untuk memberi makan ikan-ikan kecil tersebut atas seizin petugas dengan pakan yang sudah disediakan.

Dalam mencoba wahana Sea Walker, wisatawan tidak dituntut untuk bisa berenang atau memiliki keahlian menyelam. Mengingat, kita hanya diminta untuk berjalan mengelilingi jalur bawah laut yang sudah tersedia.

Sebelum melakukan aktivitas Sea Walker, wisatawan akan diimbau tentang kondisi kesehatan dengan mengisi ketententuan yang diberikan oleh petugas yang berada di kawasan wisata bahari tersebut.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Syarat dan Ketentuan Wahana Sea Walker

Adapun beberapa imbauan dan ketentuan yang disampaikan yaitu terkait aturan atau syarat-syarat untuk dapat mencoba wahana Sea Walker, termasuk tentang imbauan bagi wisatwan yang memiliki riwayat penyakit yang sedang diderita. seperti, penyakit jantung, epilepsi, asma serta larangan bagi ibu hamil.

Manajemen PT Ciwa Sempurna Dive and Water Sport, Nyoman Sariana mengungkapkan, pihaknya sangat menekankan terkait imbauan atau ketentuan yang diberikan agar keselamatan wisatawan dapat terjaga dengan baik.

"Pertama, sebelum kita melakukan sebuah aktivitas, kita pastikan bahwa kita (wisatawan) sehat. Karena keamanan itu sangat penting. Setelah dinyatakan sehat barulah kita bisa turun ke laut," Kata Nyoman kepada Liputan6.com Sabtu (1/9/2022).

Lebih lanjut, kata Nyoman, pengunjung yang sudah memenuhi ketentuan syarat yang telah diberikan, selanjutnya akan di antar menuju bagan atau pos perahu yang berada di tengah laut dengan jarak tempuh sekitar lima menit dari darat.

"Perjalanan menuju laut diperkirakan memakan waktu sekitar lima sampai sepuluh menit, di antar menggunakan perahu yang ada di sini," Lanjut Nyoman.

3 dari 4 halaman

Penyesuaian dengan Pasang Surut Air

Di sisi lain, Nyoman mengatakan dalam wahana Water Sport khususnya Sea Walker memiliki waktu-waktu tertentu. Hal ini dikarenakan untuk menyesuaikan dengan pasang surutnya air laut.

"Untuk wahana Water Sport itu memang tergantung dengan air. Dalam waktu sebulan itu memang ada waktu pasang surut air, khususnya ketika bulan purnama datang," Ujarnya.

Untuk itu, Nyoman menyarankan agar seluruh pengunjung baik lokal maupun asing sebelum mencoba wahana Water Sport di Tanjung Benoa baiknya dapat menghubungi pihak manajemen terlebih dahulu untuk memastikan bisa atau tidaknya melakukan aktivitas wisata bawah laut.

"Makanya kita sarankan untuk telfon kesini terlebih dahulu sebelum datang, jadi supaya tidak rugi untuk datang," Kata Nyoman.

4 dari 4 halaman

Harga Tiket Sea Walker

Adapun harga tiket yang dipatok untuk dapat mencoba wahana Sea Walker yaitu Rp.400.000 untuk wisatawan lokal, dan untuk wisatawan asing harga tiket dibandrol dengan harga 90 Dollar Amerika Serikat setara dengan Rp.1.300.000. per orangnya.

"Untuk domestik Price dikenakan dengan harga 400 ribu dan adapun untuk wisatawan asing yaitu 90 dollar," Jelas Nyoman.

Selain wahana Sea Walker, wisatawan juga dapat mencoba wahana Water Sport lainnya seperti Snorkling, Wake Board, Water Skiing, Diving, dan masih banyak lagi. dan untuk biaya harga tiketnya sangat bervariasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.