Sukses

Sekjen Gerindra: Cak Imin Cawapres Potensial Prabowo

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyebut, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin merupakan sosok yang paling berpeluang menjadi Cawapres berpasangan dengan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan, bahwa Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin merupakan calon wakil presiden (Cawapres) potensial untuk dipasangkan dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Sebabnya, kata dia, Cak Imin adalah pimpinan partai politik yang kini tengah membangun koalisi dengan Gerindra.

"Yang paling potensial Muhaimin Iskandar, karena Pak Muhaimin adalah Ketum PKB yang sekarang ini menjadi partai kaolisi Gerindra dan PKB sehingga Pak Muhaimin adalah cawapres yang paling potensial dipertimbangkan untuk bisa dampingi Pak Prabowo," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Muzani mengatakan, sejumlah kiai menginginkan Cak Imin jadi cawapres Prabowo. Hal itu disampaikan kiai ketika Prabowo berkunjung ke Pondok Pesantren Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah.

"Itu juga permintaan para ulama para kiai kemarin kita jumpai di Tegalrejo di Magelang," katanya.

Di samping itu, Gerindra pun terus menggodok nama calon wakil presiden yang cocok dipasangkan dengan Prabowo. Untuk itu, Gerindra butuh waktu untuk melakukan pencarian.

"Yang bisa membawa bangsa ini lebih baik. Karena itu kita juga memohon dan meminta kepada seluruh rakyat Indonesia untuk sabar karena pilpres masih beberapa waktu lagi sehingga penetapan cawapres pak Prabowo masih memerlukan waktu dan kesabaran," kata Muzani.

Sebelumnya diberitakan, Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bersama dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto sepakat untuk memperluas koalisi. Kedua partai sepakat terus membuka diri bagi partai politik lain untuk bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Adapun PKB dan Partai Gerindra resmi berkoalisi. Koalisi tersebut diberi nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Dua partai ini juga sudah menandatangani Piagam Deklarasi menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

"Kita bersepakat mengajak dan membuka diri parpol lain untuk bergabung," ujar Cak Imin di Pondok Pesantren API Asri Tegalrejo, Magelang, Jumat 23 September 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahas Pengembangan Pesantren

Soal posisi calon presiden dan calon wakil presiden, Cak Imin menyebut Pilpres masih jauh dan akan dibicarakan lebih lanjut. Dia lalu menegaskan, hasil Muktamar PKB Bali pada 2019 silam telah memutuskan dirinya maju sebagai capres dalam pilpres 2024.

"Soal capres cawapres nanti akan dibicarakan lagi. Saat ini konsentrasi kita adalah memperluas dukungan terutama masyarakat, memperkuat barisan, kemudian menambah jumlah partai bergabung," katanya.

Selain soal koalisi, Cak Imin mengungkapkan, diskusi yang dilakukan bersama Prabowo juga membahas pengembangan pesantren hingga tantangan bangsa.

Sementara itu, Prabowo mengatakan kunjungannya ke Ponpes Tegalrejo sebagai bentuk silaturahmi. Terakhir saat dirinya masih aktif di militer sekitar 46 tahun silam.

"Dalam rangka silaturahmi memang waktu muda saya pernah ke sini. waktu almarhum ayahnya dan sekarang ya saya merasa perlu melanjutkan silaturahmi kekeluargaan kebetulan ada Gus Imin di sekitar sini ya bertemulah," ujar Prabowo.

Dia mengatakan, dalam pertemuan itu juga dibahas tindaklanjut kerjasama PKB dan Gerindra yang sebelumnya sudah disepakati untuk berkoalisi pada Pilpres 2024. "Ya kita kan sudah kerja sama dan tentunya pasti ada diskusi ya," ucapnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.