Sukses

Dilantik Panglima, Laksma Kisdiyanto Resmi Jabat Kapuspen TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melantik Laksma TNI Kisdiyanto sebagai Kapuspen TNI menggantikan Mayjen TNI Prantara Santosa.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melantik Laksamana Pertama (Laksma) TNI Kisdiyanto sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI menggantikan Mayjen TNI Prantara Santosa. Prananta pindah tugas sebagai Staf Khusus KSAD.

Dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Selasa (13/9/2022), pelantikan bertempat di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (13/9/2022). Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor 818/VIII/2022 tanggal 29 Agustus 2022.

Laksma TNI Kisdiyanto merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 36 tahun 1990. Baginya Jabatan di Penerangan bukanlah hal yang baru, karena selama ini sudah berkecimpung dalam bidang Penerangan di Mabes TNI dengan jabatan Wakapuspen TNI.

Selama berdinas di TNI, Laksma TNI Kisdiyanto telah mendapat kepercayaan untuk menjabat di berbagai jabatan strategis. Di antaranya Komandan KRI Fatahillah – 361/Satkor Koaramatim, Komandan KRI Tjiptadi – 381/Satkor Koarmatim, Komandan KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355/Satkor Koarmatim, Aspers Makoarma Koarmabar, Dankolat Koaramatim dan Dan Guskamla Koarmada II, selanjutnya hari ini mendapat kepercayaan sebagai Kepala Pusat Penerangan TNI.

Usai acara pelantikan dilanjutkan dengan acara lepas sambut pejabat Kapuspen lama dan baru bertempat di Aula Balai Wartawan Puspen TNI. Dalam sambutannya Mayjen TNI Prantara Santosa menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga terhadap seluruh anggota Puspen TNI atas kinerja dan loyalitas yang tinggi dalam mendukung keberhasilan tugas pokok Puspen TNI. 

Demikian juga Kapuspen TNI Laksma TNI Kisdiyanto menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kemajuan yang dicapai Puspen TNI selama di bawah kepemimpinan Mayjen TNI Prantara Santosa. Selaku pejabat Kapuspen TNI yang baru, Laksma TNI Kisdiyanto memohon doa restu dan dukungan kepada seluruh anggota Puspen TNI serta ibu-ibu IKKT Cabang BS 15 untuk berkerja sama, semoga ke depannya Puspen TNI akan lebih baik lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Andika Pensiun

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Mahfud Md mengatakan sudah ada mekanisme pergantian Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Adapun Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada Desember 2022 mendatang.

"Oh iya sudah ada mekanismenya, ditunggu saja," kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Dia mengaku belum mengetahui siapa sosok yang akan menggantikan Andika Perkasa menjadi Panglima TNI. Mahfud mengatakan nantinya Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang akan mengajukan nama calon Panglima TNI ke DPR RI.

"Oh ndak tahu. Itu presiden itu yang akan ajukan ke DPR. Ditunggu aja," jelas Mahfud.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon mengungkap ada skenario bahwa Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bakal menjadi calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. Effendi mengungkap ada 'Plan A' untuk mengangkat Yudo sebagai Panglima TNI.

Adapun, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa segera memasuki pensiun pada Desember 2022 mendatang. Dengan demikian, TNI akan segera mendapatkan sosok Panglima baru yang memegang kendali atas tiga matra tempur, yakni Aangkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU).

"Kalau sebelum tanggal 4 Oktober dimasukan Surpres (surat presiden) pergantian panglima maka kemungkinan masih plan A, plan A sekarang mungkin yang laut masuk yang ini ke sana," ujar Effendi kepada wartawan, dikutip Selasa 6 September 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.