Sukses

Top 3 News: Tersangka Ferdy Sambo Jalani Pemeriksaan Pakai Lie Detector

Pada Kamis 8 September 2022, tersangka Ferdy Sambo menjalani pemeriksaan lewat metode uji polygraph menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait pada Kamis 8 September 2022, tersangka Ferdy Sambo menjalani pemeriksaan lewat metode uji polygraph menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector.

Pemeriksaan mantan Kadiv Prompam Polri itu terkait kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Irjen Ferdy Sambo dibawa ke Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri yang berlokasi di Sentul, Bogor, Jawa Barat untuk menjalani pemeriksaan lewat metode uji polygraph menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector.

Kemudian, ragam bantuan sosial (bansos) dikucurkan pemerintah untuk membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Salah satunya PBI JK, yaitu merupakan singkatan dari Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan, diperuntukkan bagi fakir miskin dan warga kurang mampu yang terdaftar sebagai peserta program jaminan sosial yang iurannya dibayar oleh pemerintah.

Namun, ada beberapa syarat yang dibutuhkan bagi penerima bantuan sosial (bansos) PBI-JK. Dilansir dari Kemensos.go.id, pertama, merupakan warga negara Indonesia.

Lalu memiliki NIK ang terdaftar di Direktorat Jenderal yang menangani bidang kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil). Dan ketiga, terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah soal ricuhnya massa pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyambut jagoannya usai diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kericuhan tersebut terjadi lantaran para pendukung Anies dianggap menganggu awak media melakukan peliputan.

Diketahui, pada Rabu 7 September 2022, mantan Menteri Pendidikan era Presiden Jokowi itu kurang lebih 11 jam diperiksa lembaga antirasuah di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis 8 September 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Polri Periksa Ferdy Sambo Pakai Lie Detector Hari Ini

Polri menjadwalkan pemeriksaan tersangka Ferdy Sambo lewat metode uji polygraph menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector terkait kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J. Agenda tersebut dilaksanakan pada Kamis 8 September 2022.

"Ya di Labfor informasi dari penyidik," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi terkait pemeriksaan Ferdy Sambo.

Menurut Dedi, mantan Kadiv Propam Polri itu akan dibawa ke Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri yang berlokasi di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Ya betul (uji lie detector di Sentul)," kata Dedi.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Apa itu PBI-JK? Berikut Syarat dan Cara Cek Daftar Penerimanya

Apa itu PBI JK? PBI JK adalah singkatan dari Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan yang diperuntukkan bagi fakir miskin dan warga kurang mampu yang terdaftar sebagai peserta program jaminan sosial yang iurannya dibayar oleh pemerintah.

Lantas, syarat apa saja yang dibutuhkan bagi penerima bantuan sosial (bansos) PBI-JK?

Dilansir dari Kemensos.go.id, pertama, merupakan warga negara Indonesia. Lalu memiliki NIK ang terdaftar di Direktorat Jenderal yang menangani bidang kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil). Dan ketiga, terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Namun, bantun iuran PBI-JK tidak diberikan secara langsung kepada penerima, melainkan dibayarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Ricuhnya Pendukung Anies Baswedan di KPK

Massa pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ricuh saat menyambut jagoannya usai diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kericuhan terjadi lantaran para pendukung Anies dianggap menganggu awak media melakukan peliputan.

Diketahui, mantan Menteri Pendidikan era Presiden Jokowi itu kurang lebih 11 jam diperiksa lembaga antirasuah di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu 7 September 2022.

Pantauan Liputan6.com, kericuhan bermula saat Anies yang usai diperiksa terkait kasus korupsi penyelenggaraan Formula E itu hendak menuju mobilnya pada pukul 20.27 WIB.

Ketika Anies menyelesaikan keterangan, massa pendukung yang ikut berkumpul bersama awak meneriakan 'Anies Presiden' sembari mengikuti Anies berjalan memasuki mobil.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.