Sukses

Demo BBM di Patung Kuda Bubar, Arus Lalu Lintas Mulai Lancar

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menerangkan, peserta demo menolak harga BBM naik meninggalkan lokasi pada pukul 18.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Massa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) membubarkan diri usai menyampaikan aspirasi menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Patung Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat pada Kamis (8/9/2022). Arus lalu lintas berangsur-angsur normal.

Polisi membuka kembali barier yang sempat merintangi arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Barat menuju Medan Merdeka Utara begitu pun sebaliknya. Kedua ruas jalan kini telah dilalui oleh kendaraan.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menerangkan, peserta demo menolak harga BBM naik meninggalkan lokasi pada pukul 18.00 WIB.

Komarudin mengapresiasi secara umum penyampaian pendapat di muka umum berjalan tertib. Meskipun ada mobilisasi perpindahan tempat dari Patung Kuda Arjuna Wiwaha ke Kementerian ESDM.

"Namun bisa kita kendalikan," kata dia di Jakarta Pusat, Kamis (8/9/2022).

Komarudin menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Jakarta. Memang ada kemacetan akibat penerapan pengalihan arus di beberapa ruas jalan.

Komarudin menyebut, kemacetan  di Patung Kuda mengular sampai Tugu Tani. Sementara itu, dari arah selatan menuju utara dari HI menuju Patung Kuda kemacetan sampai Sarinah.

"Hari ini yang dialihkan tadi hanya dari Patung Kuda ke Istana Negara, hanya dua ruas jalan yang ditutup karena memang dijadikan tempat untuk penyampaian aspirasi oleh beberapa elemen yang hadir," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Demo Tolak Harga BBM Naik, Sejumlah Rute Bus Transjakarta Dialihkan

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar aksi demo menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di sejumlah titik, salah satunya di kawasan Patung Kuda, Kamis (8/9/2022). Akibatnya, situasi arus lalu lintas terpantau padat.

"Kegiatan penyampaian pendapat di kawasan Patung Kuda Monas Jakarta Pusat masih berlangsung. Situasi arus lalu lintas di sekitar lokasi terpantau padat. Bagi pengguna jalan diimbau agar mencari jalur alternatif lain," tulis Traffic Management Center Polda Metro Jaya di akun Twitternya @TMCPoldaMetro.

Karena ada demo menolak harga BBM naik dan adanya penutupan jalan, layanan Bus Transjakarta pun mengalami pengalihan atau perpendekan rute.

Dilansir dari akun Twitter TransJakarta @PT_Transjakarta, berikut daftar koridor yang mengalami pengubahan rute, baik pengalihan maupun perpendekan rute.

Koridor 1 : Blok M - Kota mengalami pengalihan rute. Sementara itu, arah Kota tidak melayani Halte Bank Indonesia dan Monas.

Koridor 1A : Pantai Maju - Balaikota mengalami perpendekan rute menjadi Pantai Maju - Harmoni.

Koridor 1P : Blok M - Senen mengalami pengalihan rute. Sementara itu, arah Senen tidak melewati pemberhentian Kementrian Pariwisata sampai dengan Monas 3.

Koridor 1ST : Semanggi - Monas mengalami perpendekan rute menjadi Semanggi - Bank Indonesia.

Koridor 2 : Harmoni - Pulogadung mengalami pengalihan rute. Sementara itu, arah Pulogadung tidak melayani Halte Monas s/d Balaikota.

Koridor 5C : PGC - Monas mengalami pengalihan rute sementara kedua arahnya tidak melayani Halte Balaikota s/d Monas.

Koridor 6A : Ragunan - Monas via Kuningan dan rute 6B : Ragunan - Monas via Semanggi mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan - Tosari.

Koridor 7F: Harmoni - Kampung Rambutan via Cempaka Putih mengalami pengalihan rute. Sementara itu, arah Kampung Rambutan tidak melayani Halte Monumen Nasional dan Halte Gambir 2.

3 dari 3 halaman

Mahasiswa Tutup Demo Tolak Harga BBM Naik dengan Bakar Ban

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) untuk demo menolak harga BBM naik telah meninggalkan kawasan Patung Kuda. Demo ditutup dengan pembakaran ban.

Dari pantauan merdeka.com di lokasi, Kamis (8/9/2022) sejumlah mahasiswa melakukan aksi bakar ban sebagai tanda protes kepada pihak pemerintah sekaligus tanda berakhirnya unjuk rasa pada hari ini.

Massa meninggalkan lokasi demo dengan berurutan dan damai. Sambil bergerak meninggalkan lokasi demo, sesekali orator masih meneriakkan orasi yang membakar semangat pengunjuk rasa.

Pihak kepolisian tetap mengawal mahasiswa meninggalkan kawasan Patung Kuda.

Aksi unjuk rasa dari BEM SI dan GNPI menolak kenaikan BBM berlangsung sejak pukul 13.00 hingga 17.22 WIB. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.