Sukses

BEM SI Gelar Demo BBM Naik di Depan Istana Hari Ini, Polisi Siapkan Pengamanan

Kepolisian juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas menyusul adanya aksi demo BBM naik di Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar aksi demo menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di depan Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini Kamis (8/9/2022). Aparat kepolisian pun menyiapkan pengamanan untuk mengawal jalannya aksi unjuk rasa.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan, aksi demo BBM dari BEM SI ini akan dipusatkan di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Selain itu, polisi juga mengamankan aksi demo di sejumlah titik.

"Aksi terkait BBM di Patung Kuda, Arjuna Wiwaha terus ada 8 titik lainnya yang tidak terkait dengan BBM itu juga harus dijaga," kata Komarudin kepada wartawan, Kamis (8/9/2022).

Komarudin menerangkan, sebanyak 5.800 personel diturunkan untuk menjaga sejumlah titik unjuk rasa di Jakarta Pusat.

"Hari ini sesuai dengan Sprin ada 5.800 personel disiapkan di seluruh wilayah Jakpus," ujar dia.

Komarudin menerangkan, rekayasa arus lalu lintas telah disiapkan khususnya di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat. Namun, pemberlakukan rekayasa lalu lintas tergantung situasi dan kondisi di lapangan

"Kita tetap situasional. Tentunya kami berharap yang hari ini bisa memanfaatkan parkiran di barat daya (silang Monas) sehingga akses masyarakat tidak tertutup," ujar dia.

Kepolisian sudah berkomunikasi dengan sejumlah koordinator unjuk rasa supaya tetap mematuhi aturan yang berlaku.

Komarudin mengatakan, penyampaian aspirasi merupakan hak setiap warga negara dan diatur dalam undang-undang. Namun tentunya dengan memperhatikan dan menghormati hak-hak pengguna jalan lain.

"Jangan sampai penyampaian aspirasi itu keluar dari ketentuan hukum yang berlaku. Jangan sampai justru malah memperjuangkan aspirasi masyarakat tapi malah menyusahkan masyarakat," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggota Dewan Rayakan Ultah Puan saat DPR Dikepung Massa Demo BBM

Kala demonstran mengepung gedung wakil rakyat, ruang rapat paripurna DPR RI justru ramai perayaan ulang tahun Ketua DPR RI Puan Maharani. Para anggota DPR RI yang hadir dalam rapat paripurna riuh menyanyikan lagu 'Selamat Ulang Tahun' milik Band Jamrud.

Saat itu, DPR menggelar rapat paripurna dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-77 DPR RI dan penyampaian laporan kinerja DPR RI tahun sidang 2021-2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Kemudian, ketika agenda pertama rapat paripurna ditutup, lagu selamat ulang tahun diputar ruang sidang. Mayoritas anggota DPR bertepuk tangan dan berjoget.

"Kami, seluruh peserta sidang dan undangan mengucapkan selamat ulang tahun untuk Ketua DPR RI Ibu Puan Maharani. Semoga panjang umur, sehat dan sukses selalu serta dalam lindungan Allah. Mari kita nyanyikan bersama lagu ulang tahun untuk Ketua DPR RI," kata pembawa acara rapat paripurna.

Sementara itu, Puan terlihat ikut berdiri dan bertepuk tangan. Wajahnya terlihat bahagia. Dia tersenyum semringah.

Selanjutnya agenda kedua rapat paripurna digelar. Yaitu pengambilan keputusan RUU Pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN tahun anggaran 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.